Suara Pembaharu ideas 2017

Minahasa, Suarapembaharu.com - Panitia Pengawas Pemilihan Umum (PANWASLU) kabupaten Minahasa hari ini membuka kegiatan Bimbingan Teknis (Bimtek) untuk menyambut Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) 2018 dan Pemilihan Umum (Pemilu) 2019, Jumat (17-11-2017).

Bimtek yang dibuka oleh Anggota Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Sulawesi Utara Kenly Poluan, S.Si. M.Si. dikhususkan untuk kesiapan dari para anggota Panitia Pengawas Pemilu Kecamatan (Panwascam) yang tersebar di 25 kecamatan kabupaten Minahasa yang dilaksanakan di Tasik Ria Resort, Tombariri.
(foto ist) Bimtek Panwascam se Kabupaten Minahasa

Dalam kegiatan ini Poluan mengatakan kepada seluruh Panwascam untuk dapat mensukseskan gelaran Pilkada dan Pemilu yang akan datang.

"Kepada seluruh Panwaslu Kecamatan agar senantiasi menjaga independensi dan integritas selaku penyelenggara Pemilu.  Jadikan Pilkada dan Pemilu berjalan sesuai dengan asas-asa pemilu serta prinsip-prinsip Pemilu. Sebagai  pengawas kita memiliki tugas ganda yakni sebagai pengawas Pilkada dan Pemilu. Diantara kita ada yang sudah pernah menjadi pengawas dan yang masih baru karena itu di tuntut untuk mampu menyesuaikan diri " Ujar Poluan.

Poluan juga menambahkan bahwa setiap anggota Panwascam harus saling mengkritisi dan harus bekerja secara solid dan memberikan 3 pemahaman yang harus diketahui oleh anggota Panwascam.

"Kita saling memberi masukan diantara Panwaslu Kecamatan. Selalu solid agar kita akan kuat, sebaliknya jika tidak solid maka banyak pekerjaan yang tidak akan selesai.  Kerja kita untuk kepentingan pegawasan dalam bingkai Bawaslu hingga berjenjang ke provinsi, kabupaten/kota, kecamatan, pengawas desa/kelurahan dan pengawas TPS. Ada tiga hal yang harus kita pahami dalam tugas pengawasan yaitu 1 Hak pilih warga negara sifatnya universal atau hak kemanusian yang tak bisa di rubah siapapun. 2. Kerahasian surat suara merupakan puncak dari semua tahapan. 3. Memastikan hak pilih benar-benar tidak dalam pengaruh negatif," lanjutnya.

Poluan jiga mengatakan bahwa Bawaslu sekarang bisa dan memiliki hak untuk membatalkan Bakal Calon jika terbukti melakukan Politik Uang.

Sementara Ketua Panwaslu Minahasa Donny Rumagit mengatakan bahwa Bimtek ini sangatlah penting untuk dilaksanakan agar supaya bisa menghasilkan Panwascam yang berintegritas dan profesional.

"Saya meminta lewat Bimtek ini ada Out put yang bisa di hasilkan yakni menjadikan Panwaslu Kecamatan yang profesional dan berintegritas," ujar Rumagit.


Dalam bimtek yang memiliki dua acuan yaitu UU Pilkada dan UU Pemilu turut dihadiri juga oleh anggota Panwaslu Minahasa masing-masing Erwin Sumampow dan Rendy Umboh, serta kepala sekretariat Panwaslu Minahasa Rendy Suawa dan tenaga ahli Bawaslu Sulut Irfan Dokal SH.

Reporter : Riedel Memah
Editor : Arham Licin

Post a Comment

Suara Pembaharu

{picture#https://lh3.googleusercontent.com/-KxCpQnd7tqI/AAAAAAAAAAI/AAAAAAAAAJk/t239p-tSaZY/s120-c/photo.jpg} Media Online, Suara Pembaharu. Menyajikan Informasi Aktual & Terpercaya. {facebook#http://facebook.com} {twitter#http://twitter.com} {google#http://google.com} {youtube#http://youtube.com} {instagram#http://instagram.com}
Powered by Blogger.