Suara Pembaharu ideas 2017

Makassar, Suarapembaharu.com -Focus Group Discussion (FGD) dengan tema "Menanti Kebangkitan Untia" dan menghadirkan panelis Kadis Kelautan dan Perikanan Provinsi Sulawesi Selatan, Kepala BKIM, Kepala PPN Untia, Dirut Perum Perindo, dengan moderator Dr. Yusuf Akademisi Dr. Rijal dan Dr. Alfa dari Unhas,  Dr. Tamsil dari UMI dan Dr. Lukman dari UCM, Minggu (05-11-2017).
(foto ist) FGD yang digelar di  Tuna Corner coffee


Dari hasil FGD ini, terungkap bahwa yang dibutuhkan di PPA Untia dari aspek internal adanya Sarana prasarana seperti air bersih, bbm dan es, Political will (good will) dan Legalitas (nomenklatur, kepastian investasi. Sedangkan aspek eksternal adalah Supply and Demand dan Good will investor.

Menurut Indar Wijayal selaku pelaksana kegiatan. Hasil FGD ini mengungkapkan minimnya sarana prasarana hingga saat in memang belum siap, terutama water supply, bbm Dan es. Namun telah investor yang mengajukan untuk pemenuhan hal tersebut. Water supply ada 2 investor sedang mengikuti lelang di jakarta dengan estimasi kebutuhan air 1000 kubik perhari, sedangkan bbm telah siap dari pertamina untuk mensuplai, sedangkan untuk pabrik es sudah ada tawaran dari investor Korea dan opsi saat ini masih di suplai dari Kima.


Untuk political will, pemerintah tidak diragukan lagi, perhatian dirjen sangat tinggi terhadap PPN Untia, good will nya pemerintah mengajak dan memberi kesempatan kepada investor lokal lebih dulu, padahal disisi lain telah banyak tawaran dari investor luar. Namun jika hingga awal tahun 2018 tetap saja tidak Ada respon, maka Akan dibuka bagi investor luar.

Sedangkan untuk legalitas telah clear di tingkat Provinsi (cq. Gubernur) Dan telah dikirim ke kementerian untuk penetapan menjadi PPN Untia

Penajaman aspek eksternal. Supply Demand. Kebutuhan ekspor dan domestik sangat tinggi. BKIM siap membantu penjamin mutu produk dengan kesiapan sarana, sdm dan sistem. To supply setiap investor seperti Perindo Dan Samudera Indonesia akan pasti memenuhi nilai investasi yang ditanamkan (hukum investasi) Pola plasma bisa menjadi salah Satu opsi dan dukungan HNSI.


Untuk good will investor lokal. Segera membangun pondasi pada lokasi yang telah ditentukan paling lambat akhir tahun/awal tahun ini.
Beberapa investor di Kima berpotensi pindah ke Untia dengan aspek strategis supply yang tinggi.

Reporter : Andreow Reza
Editor : Arham Licin

Post a Comment

Suara Pembaharu

{picture#https://lh3.googleusercontent.com/-KxCpQnd7tqI/AAAAAAAAAAI/AAAAAAAAAJk/t239p-tSaZY/s120-c/photo.jpg} Media Online, Suara Pembaharu. Menyajikan Informasi Aktual & Terpercaya. {facebook#http://facebook.com} {twitter#http://twitter.com} {google#http://google.com} {youtube#http://youtube.com} {instagram#http://instagram.com}
Powered by Blogger.