Suara Pembaharu ideas 2017

Makassar, Suarapembaharu.com - Kapolda Sulsel Irjen Pol Drs. Muktiono, membuka Rakor Tindak Lanjut Nota Kesepahaman antara Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi, Kemendagri dan Kepolisian Negara Republik Indonesia tentang Pencegahan, Pengawasan, dan Penanganan Permasalahan Desa, di hotel Dalton Makassar, Rabu, (01-11-2017).
(foto ist) Rakor Polda Sulsel bersama Kementerian PDT dan Kemendagri


Rakor yang dilaksanakan dalam bentuk  Focus Group Discussion (FGD)  Ini merupakan tindak lanjut dalam bentuk Nota Kesepahaman antara Kementerian Desa PDTT, Kemendagri, dan Kapolri. Dalam sambutannya Kapolda Sulsel menyatakan, nota kesepahaman yang ditandatangani bersama merupakan amanah bagi jajaran kepolisian didaerah untuk menindaklanjutinya.


"Nota Kesepahamann yang ditanda tangani Kapolri merupakan amanah bagi Polda Sulsel untuk menerapkannya, Kapolda berharap FGD ini dapat dijadikan sharing bersama untuk menerapkan langkah selanjutnya untuk meminimalisir penyimpangan dana desa". Kapolda berharap para anggota Polri yang mengawal dana desa mengedepankan pencegahan penyimpangan dana desa, dan berinovasi bersama perangkat desa dalam pengelolaan dana desa.
"kita mengawasi dengan niat ikhlas agar  kira dapat melihat masyarakat desa sejahtera, jadi sekali lagi Kita bukan saja menindak tapi juga mengawasi,  lebih bagus lagi kalau kita berinovasi bersama desa, dalam pemanfaatan dana desa tujuannya agar masyarakat kita bisa sejahtera,"kata Kapokda


Asisiten administrasi Pemprov Sulsel juga membaca sambutan Gubernur Sulsel Ir.H.Syahrul Yasin Limpo, dimana besaran Dana desa di Sulsel adalah1,820 Triliun Rupiah yang diperuntukan kepada 2255 desa yang ada di Sulsel.


"1, 820 triliun,  2.255 desa di Sulsel mendapat alokasi dana desa, masalah yang perlu di perbaiki yaitu kualitas SDM aparat desa yang belum memadai sehingga butuh pembimbingan. Saran kami alokasi Dana Desa sebaiknya, berporsi 40 persen untuk infrastruktur,  40 persen bidang pertanian ,  10 persen  penguatan kelembagaan desa, dan  10 persen penguatan ekonomi masyarakat desa, agar pemanfaatan dana desa signifikan, " jelasnya.

Reporter : Andreow Reza
Editor : Arham Licin

Post a Comment

Suara Pembaharu

{picture#https://lh3.googleusercontent.com/-KxCpQnd7tqI/AAAAAAAAAAI/AAAAAAAAAJk/t239p-tSaZY/s120-c/photo.jpg} Media Online, Suara Pembaharu. Menyajikan Informasi Aktual & Terpercaya. {facebook#http://facebook.com} {twitter#http://twitter.com} {google#http://google.com} {youtube#http://youtube.com} {instagram#http://instagram.com}
Powered by Blogger.