Suara Pembaharu ideas 2017

Minahasa, Suarapembaharu.com - Tidak henti-hentinya nama kabupaten Minahasa mengukir prestasi, kali ini kabupaten yang dikepalai oleh Drs. Jantje Wowiling Sajow, M.Si. tampil menghibur warga kota Makassar, Sulawesi Selatan. Kali ini lewat penampilan musik khas tanah Toar-Lumimuut Kolintang yang di komandoi oleh Jaris Banua, M.Pd.

Penampilan musik kolintang ini menjadi pembeda pada ajang Makasar Jazz Festival, pasalnya untuk pertama kali dalam pagelaran ini ditampilkannya musik dari daerah Sulawesi Utara yang naik panggung pada hari yang kedua dipanggung 2 Fort Rotherdam, Sabtu (18-11-2017).
(foto ist) Tim Kolitang Minahasa tampil di Makassar Jazz Festival 

Kolaborasi musik bersama Smart Reborn yang membawakan lagu-lagu: Sesaat Kau Hadir (yang dipopulerkan oleh Utha Likumahuwa), Elur & Lumaya (permainan instrumental), Esa Mokan, dan Come Together (yang dipopulerkan oleh The Beatles), mencuri perhatian para warga dan pecinta musik jazz yang hadir termasuk pihak Panitia yang tidak menyangka akan disuguhkan sajian musik seperti ini. Mereka terlihat larut dalam penampilan kolaborasi musik yang kali pertamnya mereka saksikan.

Salah satu penggagas Makasar Jazz Festival pada tahun 2010 Jossy mengungkapkan bahwa dalam festival kali ini dirinya tidak menyangka akan ada kolaborasi bersma musik khas Minahasa dan dirinya merasa bangga bisa menyaksikan langsung penampilan ini.

“Kami tidak menyangka bahwa kolaborasi musik modern, dalam hal ini genre jazz dan musik tradisional kolintang bisa seperti ini. Salut dan bangga untuk penampilan yang apik dan luar biasa ini," ujarnya.

Dirinya juga berharap agar musik tradisional seperti ini bisa berkembang bahkan bisa dikenal oleh masyarakat Indonesia bahkan sampai ke dunia internasional.

"Salam ya, untuk pak Bupatinya... siapa namanya? Oh iya pak JWS. Jarang loh ada pemerintah yang memberi perhatian seperti ini. Pokoknya salut deh. Lanjutkan yah, " Ujarnya.

Jaris Banua memberikan komentar atas penampilan mereka dan mengucapkan terima kasih kepada semua pihak yang sudah mendukung tim mereka.

"Atas nama Tim Kolintang Pemkab Minahasa dan grup Smart Reborn, manajer Olivia Mandagi, para pemain Valent Besley, Benny Pahasoh, Dwight Nendissa, Franky Pasue dan Paul Kalesaran, mengucapkan terima kasih atas perhatian dan dukungan bagi kami sehingga bisa tampil di pentas musik internasional seperti ini. Terima kasih masyarakat Minahasa, terima kasih kepada Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kab. Minahasa, Agustifo Tumundo, SE, M.Si., dan seluruh stafnya atas support yang diberikan agar Minahasa makin dikenal melalui kebudayaan dan kesenian, serta terima kasih yang sebesar-besarnya kami sampaikan kepada bapak Bupati Minahasa, Drs. Jantje W. Sajow, M.Si., di mana sejak menjabat sebagai Bupati di periode ini, telah mengangkat dan memberi perhatian yang luar biasa bagi pengembangan kesenian dan kebudayaan Minahasa, termasuk musik kolintang. Jikalau Tuhan berkenan dan pak JWS bisa terpilih kembali sebagai Bupati Minahasa periode 2018-2023, kami berharap perhatian dan pengembangan terhadap seni dan budaya Minahasa akan makin ditingkatkan.” ungkap Jaris Banua.

Tim Kolintang Pemkab Minahasa yang dibina Bupati JWS dan diawaki Jaris Banua, M.Pd., juga sebagai Ketua Tim Kerja Musik Gerejawi Sinode GMIM, bersama Ferry Darossa, Jonly Sumalu, Ferry Karundeng, Deusdedit Telaumbanua, Harvey Rotinsulu dan Lendy Singkoh, juga menjadi pengiring saat Minahasa Regency Choir (MRC) meraih Gold Medal pada The 9th World Choir Games 2016, Sochi-Russia.

Reporter : Riedel Memah
Editor : Arham Licin

Post a Comment

Suara Pembaharu

{picture#https://lh3.googleusercontent.com/-KxCpQnd7tqI/AAAAAAAAAAI/AAAAAAAAAJk/t239p-tSaZY/s120-c/photo.jpg} Media Online, Suara Pembaharu. Menyajikan Informasi Aktual & Terpercaya. {facebook#http://facebook.com} {twitter#http://twitter.com} {google#http://google.com} {youtube#http://youtube.com} {instagram#http://instagram.com}
Powered by Blogger.