Suara Pembaharu ideas 2017

Minahasa, Suarapembaharu.com - Panitia pengawas pemilihan umum (PANWASLU) hari ini mengadakan kegiatan Focus Grup Discussion (FGD) yang bertakjuk Pengawasan Partisipatif Berbasis Kearifan Lokal di Minahasa, yang dilaksanakan di Tasik Ria Resort, Tombariri kabupaten Minahasa, Kamis (23-11-2017).

Yang bertindak sebagai nara sumber dalam kegiatan ini adalah mantan Komisioner Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Jhony A Suak, SE. M.Si., serta yang menjadi peserta kegiatan ini dari berbagai kalangan ialah Wartawan Minahasa, Penggiat Pemilu, TEPI, KIP serta Pemuda Katolik Minahasa.

Dalam pemaparannya Suak menegaskan kepada peserta, bahwa pengawasan bertujuan untuk menegakkan keadilan khususnya pada saat Pemilu mendatamg serta menjelaskan beberapa bentuk dan jenis pengawasan.

"Ada lima bentuk pengawasan, pertam  Pengawasan  Sosialisasi. Kedua Pengawasan Melekat. Ketiga Pengawasan Literasi. Keempat Pengawasan Audit. Dan yang ke lima ialah Pengawasan Investigasi. Juga ada tiga jenis partisipasi masyarakat diantaranya : 1. partisipasi politik, 2. partisipasi pemilih, 3.  partisipasi pengawasan Pemilu. Pengawasan partisipatif merupakan budaya bahkan menjadi sebuah kearifan lokal dalam mewujudkan Pemilu yang berkualitas," ujar Suak.
(sumber foto Suarapembaharu.com) mantan Komisioner Bawaslu Sulut , Jhony Suak

Sementara Ketua Panwaslu Kabupaten Minahasa Donny Rumagit mengatakan bahwa lewat kegiatan ini banyak hal yang didapat dan bisa menjadi salah satu tolak ukur untuk melaksanakan Pilkada 2018 serta Pemilu 2019 di kabupaten Minahasa.

"Kami menerima banyak masukan bahkan pun saran sebagai solusi dalam kerja-kerja pengawasan guna menghasilkan Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati dan Pemilu 2019 yang lebih baik lagi. Kami berharap lewat kegiatan seperti ini akan memperkaya kerja pengawasan selaku Pengawas. Sebab keterbatasan personil menjadi faktor utama kegagalan dalam mengawasi tahapan demi tahapan di wilayah kerja pengawasan yang sangat luas seperti kabupaten Minahasa ini," tukas Rumagit.

Sementara hal lain dituturkan oleh salah satu anggota Panwaslu Minahasa Rendy Umboh, menurutnya kegiatan seperti ini patut terus dibudayakan dan dilaksanakan setiap tahunnya dalam rangkah mempertajam pengawasan disetiap tahunnya.

"Pihak kami berharap agar kedepan forum seperti ini akan terus di laksanakan dalam rangkah mempertajam tugas-tugas pengawasan oleh karena keterlibatan berbagai stakeholder yang peduli pada kesuksesan Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati 2018 serta Pemilu 2019. Pengawasan Partisipatif  merupakan salah satu instrumen penting yang diupayakan Bawaslu hingga Panwaslu dan Panwaslu Kecamatan. Sehingga di harapkan agenda Pemilihan dan Pemilu yang sedang berjalan sesuai dengan aturan yang berlaku," tutupnya.

Juga terlihat hadir dalam kegiatan ini, anggota Panwaslu Minahasa Erwim Sumampow, Sekretaris Panwaslu Minahasa Rendy Suawa.

Reporter : Riedel Memah
Editor : Arham Licin

Post a Comment

Suara Pembaharu

{picture#https://lh3.googleusercontent.com/-KxCpQnd7tqI/AAAAAAAAAAI/AAAAAAAAAJk/t239p-tSaZY/s120-c/photo.jpg} Media Online, Suara Pembaharu. Menyajikan Informasi Aktual & Terpercaya. {facebook#http://facebook.com} {twitter#http://twitter.com} {google#http://google.com} {youtube#http://youtube.com} {instagram#http://instagram.com}
Powered by Blogger.