Suara Pembaharu ideas 2017

Jakarta, Suarapembaharu.com - Komisi Pemberatasan Korupsi (KPK), telah melakukan pejemputan paksa Ketua DPR Setya Novanto, di kediamannya jalan wijaya XII, Kebayoran Baru, Rabu (15-11-2017).
Namun sangat disayangkan, lagi Setnov menunjukan sikap yang tidak kooperatif dalam upaya menegakan hukum, bahkan Setnov menghilang.

Menurut Pakar Hukum Pidana, Suparji Ahmad, langkah yang di lakukan KPK sudah tepat dan sesuai koridor hukum yang berlaku.

Sebab penangkapan yang dilakukan kepada tersangka yang diduga keras, melakukan suatu tindak pidana, berdasarkan alat bukti yang cukup, aparat penegak hukum dalam hal ini KPK boleh melakukan penangkapan dalam kurun waktu 1 x 24 jam, supaya di tindak lanjut ke proses penahanan atau tidaknya tersangka.

"yang kita lihat tadi malam, penangkapan belum berhasil, baru tahap pengumpulan barang bukti di rumah tersangka," jelasnya.
(foto ist) Setya Novanto Ketua DPR RI

Patut di apresiasi langkah KPK untuk menjemput paksa tersangka, itu sudah sesuai koridor hukum, sebab sudah memiliki alat bukti yang cukup, menetapkan tersangka, membuat panggilan yang patut, namun semuanya itu tidak pernah di gubris oleh Setnov dengan alasan yang mengada-ada, diantarany alasan harus persetujuan presiden dan uji materi UU KPK pasal 12, padahal sudah jelas dalam pasal 58 UU Mahkamah Konstitusi, menyebutkan jika sebelum ada putusan yang bertentangan dengan UUD 1945 maka undang-undang tersebut tetap berlaku.

" Jadi tidak perlu di tafsirkan lagi oleh kuasa hukum setnov, semuanya udah sesuai koridor hukuk, sebaikanya tersangka berupaya melakuakan itikad baik dengan menyerahkan diri ke KPK dalam rangka menegakan hukum yang baik. Jangan sampai tersangka, mempersulit penegakan hukum, sebab ini akan jadi ironi hukum, bagaimana seseorang memgerti hukum dan membuat hukum itu sendiri, tapi mempermaikan hukum, ini akan jadi preseden buruk dalam rangka penegakan hukum," pungkasnya.

Editor : Arham Licin

Post a Comment

Suara Pembaharu

{picture#https://lh3.googleusercontent.com/-KxCpQnd7tqI/AAAAAAAAAAI/AAAAAAAAAJk/t239p-tSaZY/s120-c/photo.jpg} Media Online, Suara Pembaharu. Menyajikan Informasi Aktual & Terpercaya. {facebook#http://facebook.com} {twitter#http://twitter.com} {google#http://google.com} {youtube#http://youtube.com} {instagram#http://instagram.com}
Powered by Blogger.