Suara Pembaharu ideas 2017

Manado, Suarapembaharu.com - Korps Sukarela (KSR) Palang Merah Indonesia (PMI) unit Markas Kota Manado melaksanakan kegiatan Pendidikan dan Pelatihan Dasar atau yang biasa dikenal dengan Dikdas untuk perekrutan anggota baru yang telah dimulai sejak tanggal 17-11-2017 dan akan dilaksanakan secara bertahap sehingga akan berakhir pada tanggal 26-11-2017.

Kegiatan yang dilaksanakan di Markas PMI Unit Kota Manado hari ini sudah memasuki hari yang kedua, salah satu materi yang di terima adalah materi Water, Sanitation and Hygiene (WASH) yang dibawakan langsung oleh Tim WASH PMI Provinsi Sulawesi Utara Raymond Rorora.

Dalam membawa materi relawan yang biasa disapa dengan panggilan Emon menyampaikan bahwa materi WASH jni sangatlah penting dikarenakan ini adalah hal penting didalam masa tanggap darurat bencana (TDB) hingga masa pemulihan.

"Jadi perlu diketahui materi ini sangatlah penting karena ini akan menjadi tahap penting dalam masa TDB. Karena didalam materi ini lebih menitik beratkan pada penyediaan air bersih pada masa TDB hingga masa pemulihan jika terjadi Bencan" ujar Pelatih Spesialisasi WASH kepada Peserta Dikdas.

Sementara pada kesempatan yang sama Felbriski R. Setti salah satu peserta Dikdas mengatakan bahwa dalam pelatihan ini mereka menemui hal-hal baru dan dilatih untuk bisa menjadi relawan yang tangguh.

"Pada pelatihan ini kami memang dilatih untuk kesiapan mental kami saat menemui bencana. Dan dalam pelatihan ink memang ada hal-hal yang baru saya temui, contohnya tadi saat materi WASH kami diajari untuk bisa menyaring air yang kotor menjadi air yang bersih dan yang menjadi hal asing adalah saat dimana kami disuruh meminum air yang kami saring tadi, tapi itu hal baru bagi kami dan menjadi modal bagi kami semua untuk bisa menghadapi situasi disaat terjadi bencana," ujar pemuda asal Aermadidi ini.

Kemudian saat diwawancarai oleh awak media Suara Pembaharu salah satu panitia Dikdas ini Vieldman Adrian mengatakan lewat topangan yang besar dari Pengurus PMI Markas Kota Manado sehingga kegiatan pelatihan ini bisa berjalan dengan baik.

"Setelah melewati proses perekrutan pada bulan September yang lalu dan tahap orientasi sehingga tercatat jumlah peserta yang mengikuti Dikdas ini berjumlah 23 orang. Dan karena ini adalah program untuk perekrutan anggota relawan yang baru maka dukungan yang diberikan oleh Pengurus PMI Markas Kota Manado sangat besar sehingga dalam pelatihan ini kendala yang kami temui hanya kesiapan waktu dari para peserta mengingat beberapa peserta masih berstatus sebagai Mahasiswa,"  ujar Adrian yang adalah koordinator lapangan dari kepanitiaan Dikkdas ini.

Reporter : Nanang Noholo
Editor : Arham Licin

Post a Comment

Suara Pembaharu

{picture#https://lh3.googleusercontent.com/-KxCpQnd7tqI/AAAAAAAAAAI/AAAAAAAAAJk/t239p-tSaZY/s120-c/photo.jpg} Media Online, Suara Pembaharu. Menyajikan Informasi Aktual & Terpercaya. {facebook#http://facebook.com} {twitter#http://twitter.com} {google#http://google.com} {youtube#http://youtube.com} {instagram#http://instagram.com}
Powered by Blogger.