Suara Pembaharu ideas 2017

Bitung, suarapembaharu.com - Rembug Tani dan Kursus Tani yang dilaksanakan oleh KUB Usaha Tani Gempita sebagai salah satu dari 200 KUB yang dibentuk Kementerian Pertanian dalam rangka menggerakkan petani di seluruh Indonesia untuk mencapai kedaulatan pangan.


Kegiatan yang berlangsung disalah satu lahan petani binaan KUB yang dipimpin oleh Arham Licin di kelurahan Sagerat, kecamatan Matuari, kota Bitung ini dihadiri oleh Kepala Bidang PSP dinas Pertanian dan Tanaman Pangan Kota Bitung Feibe Tumbelaka bersama koordinator penyuluh pendamping KUB Deitje Mononimbar dan sejumlah penyuluh serta anggota KUB.

Menurut Feibe, ini adalah lahan percontohan KUB Usaha Tani Gempita dalam rangka memajukan kelembagaan ekonomi petani.

" KUB ini akan berjalan bersama dinas pertanian untuk mensukseskan program kementerian Pertanian. Khususnya tiga komoditas dimana KUB ini konsen pada komoditas jagung," jelasnya, Kamis (30-11-2017) kemarin.

Feibe menambahkan, kedepan KUB ini akan menjadi pionir menjadikan sektor pertanian sebagai salah satu sektor andalan di kota Bitung.

" Mereka yang akan didepan dalam mensukseskan seluruh program kementan, karena mereka adalah KUB yang terus dipantau kegiatannya dari pusat," pungkasnya.

Sedangkan Arham Licin selaku ketua KUB Usaha Tani Gempita membeberkan bahwa, apa yang dilakukan ini bagian untuk menumbuhkan kelembagaan ekonomi petani. Ditambahkan Koordinator Gempita Kota Bitung ini, sebanyak 500 hektar lahan tidur siap dijadikan lahan produktif dengan ditanami jagung.

" Target kita 500 hektar bisa kita eksekusi untuk jadi lahan produktif dan kita tanami jagung tahun depan. Oleh karena itu, saya mengajak seluruh kelompok tani untuk memasukkan CPCLnya ke Gempita untuk dikirim ke pusat, agar tahun depan Kementan akan menyiapkan bibit jagung dan saprodi sesuai data yang masuk," jelasnya.

Reporter : Yaser Baginda
Editor      : Mo3

Post a Comment

Suara Pembaharu

{picture#https://lh3.googleusercontent.com/-KxCpQnd7tqI/AAAAAAAAAAI/AAAAAAAAAJk/t239p-tSaZY/s120-c/photo.jpg} Media Online, Suara Pembaharu. Menyajikan Informasi Aktual & Terpercaya. {facebook#http://facebook.com} {twitter#http://twitter.com} {google#http://google.com} {youtube#http://youtube.com} {instagram#http://instagram.com}
Powered by Blogger.