Suara Pembaharu ideas 2018

Bulukumba, Suarapembaharu.com -Jika pada umumnya nenas atau nanas berbuah tunggal atau genap, mungkin sudah hal biasa. Tapi di salah satu desa di Kabupaten Bulukumba, provinsi Sulawesi Selatan (Sulsel), ada nenas memiliki 11biji buah dalam satu pohonnya.

Asdar Azis pemilik tumbuhan unik itu (pohon nenas) mengaku heran dengan sepohon nenasnya itu memiliki 11 buah.

"Saya yang punya (pohon nenas), sampai kaget dan tidak percaya rasanya melihat buahnya sebesar itu," ujar Asdar yang akrab disapa Dhynot saat dihubungi melalui sambungan telpon seluler, Sabtu, (30-12-2017) dini hari.

Menurutnya, buah nenas miliknya itu tumbuh di dekat lubang pembuangan di belakang rumahnya. Lantaran buahnya makin hari kian membesar, ia putuskan untuk mengikat setiap buahnya agar kelak saat besar dan matang tidak jatuh atau patah.

"Saya ikat saja, kemudian talinya itu saya sangkutkan di pohon singkong di dekatnya. Daripada belum matang sudah patah dan mati, kan sayang," jelasnya.

Lanjut Dhynot, awalnya ada niat untuk memindahkannya, mengingat tempatnya/tumbunya saat ini berada tepat di bibir lubang di belakang rumah. "Tapi saya pikir-pikir, lebih baik tidak karena takutnya malah mati," kata Dhynot lagi.

Dhynot menceritakan, awal mula nenas itu (bukan yang sekarang), ia ambil di rumah rekannya, di Desa Balleangin, Kecamatan Bulukumpa, Kabupaten Bulukumba, Sulawesi Selatan (Sulsel).

Buah nenas yang ia ambil bukan berbuah seperti sekarang ini. Buahnya normal, sepohon satu buah. Karena ukurannya besar, agak bulat, sudah matang, ia petik dan membawanya pulang.

Tiba di rumah, nenasnya dimakan dan ujung (daun kepala nenas) ia buang di belakang rumahnya. Sebulan kemudian, daun kepala nenas itu ternyata tumbuh.

Ibu dan bapak Dhynot, tak jarang melihat perkembangan nenas itu tiap kali mereka buang sampah. Lantaran merasa ada yang ganjil, nenas itu kian hari mengeluarkan banyak tunas hingga menjadi buah.

"Ibu dan bapak saya yang pertama melihat nenas itu, mereka bertanya apakah memang induk nenas itu seperti ini. Saya menjawab, tidak. Saat itulah saya foto kemudian upload di media sosial, ternyata banyak yang heran," jelas Dhynot.

Beberapa saat setelah di upload di media sosial, rumah dan halaman kediaman Dhynot itu ramai dikunjungi orang yang ingin menyaksikan dari dekat karyaNya. Ada yang mempersepsikan mirip hidangan nasi tumpeng, hiasan, dan tak sedikit yang mengabadikannya dalam foto ria/selfie jaman now.

Aris Aspar yang juga sempat melihat mengaku, nenas unik seperti itu biasanya dibeli mahal oleh orang China. "Nenas seperti itu paling dicari orang China, biasanya dipatok hingga 35 juta," ungkapnya.

Seperti apa tanggapan orang dan bagaimana mereka mempersepsikannya, semua itu karena kuasa Ilahi, itu hanya kelainan ginetik. "Sama seperti manusia, kadang ada yang memiliki lebih anggota tubuh, dan lain sebagianya," ujar Mas Rully Casasa ketika melihat foto nenas itu.

Hingga berita ini diturunkan, belum ada konfirmasi dan informasi dari pemerintah setempat, padahal hal langka ini bisa saja mendatangkan wisatawan dan peneliti.

"Yang terpenting sebenarnya, dinas terkait mengabadikan dengan foto nenas ini, agar kelak anak cucu kita juga bisa melihat momen langka ini walau hanya sebatas foto," ujar Adyaksa Maulana, salah satu tokoh masyarakat Bulukumba yang kini telah sukses di Kalimantan Timur saat dihubungi Suarapembaharu.com.

Adapun nenas unik yang baru berusia sekitar sebulan lebih ini, memiliki 11 biji buah dalam satu pohon. Satu buah induk berukuran tinggi sekitar 30 centimeter tepat di tengah, dan 10 buah kecil dan tunas lainnya melingkari buah induk.

Bagi yang penasaran dan ingin melihat nenas ini, dari Kota Bulukumba, Sulsel sekitar 30 kilometer. Atau lebih tepatnya berada di Jalan Poros Tanete-Kajang, Desa Tibona, Kecamatan Bulukumpa Kabupaten Bulukumba, Sulsel.

Reporter : Mardi Golindra
Editor : Arham Licin

Post a Comment

Suara Pembaharu

{picture#https://lh3.googleusercontent.com/-KxCpQnd7tqI/AAAAAAAAAAI/AAAAAAAAAJk/t239p-tSaZY/s120-c/photo.jpg} Media Online, Suara Pembaharu. Menyajikan Informasi Aktual & Terpercaya. {facebook#http://facebook.com} {twitter#http://twitter.com} {google#http://google.com} {youtube#http://youtube.com} {instagram#http://instagram.com}
Powered by Blogger.