Suara Pembaharu ideas 2018

Manado, Suarapembaharu.com - Banjir yang melanda kota Manado hari ini, Sabtu (16-12-2017) mengingatkan kita dengan kejadian yang serupa beberapa tahun silam. Dimana ibukota Sulut ini luluhlantak akibat terjangan banjir bandang. Walaupun intensitas hujan yang turun sejak sore baik di kota Manado, maupun daerah sekitarnya tidak lah sekeras waktu itu. Akan tetapi dampaknya sangat lah besar.

Warga kemudian banyak yang mempertanyakan, langkah pemkot Manado menanggulangi bencana yang hampir setiap musim penghujan selalu menghantui warga kota. Bahkan besarnya anggaran bencana yang mencapai ratusan miliar seperti tidak mampu memberikan solusi terhadap persoalan klasik tersebut.

" Kita seperti tidak pernah belajar dari pengalaman masa lalu. Pemerintah bahkan tidak punya solusi untuk mengatasi persoalan banjir ini, padahal kita tahu bersama anggaran bencana ini nilainya sangat fantastis, apakah nanti ada ratusan korban jiwa barulah kita akan saling tuding," ungkap Abdurahman Kasim salah seorang warga Manado.

Saking besarnya anggaran untuk bencana di kota Manado ini, hanya untuk biaya konsultan pendamping pada proyek proyek bencana, nilainya mencapai 8 miliar rupiah lebih. Bahkan dari masa masa kemasa, pemimpin silih berganti, persoalan banjir kota Manado tidak pernah bisa teratasi, justru semakin parah.

Kasim kemudian menyorot kehadiran bangunan bangunan permanen yang berdiri di bantaran sungai Kairagi yang jelas mempersempit ruang gerak aliran sungai.

" Salah satu penyebab banjir itu karena semakin sempitnya sungai sungai yang ada. Seperti yang ada di daerah Kairagi sana, bangunan permanen milik pengusaha berdiri bebas dan dipastikan mengambil sebagian wilayah sungai dan pasti aliran sungai pun semakin sempit," pungkasnya.

Reporter : Nanang Noholo
Editor : Arham Licin


Post a Comment

Suara Pembaharu

{picture#https://lh3.googleusercontent.com/-KxCpQnd7tqI/AAAAAAAAAAI/AAAAAAAAAJk/t239p-tSaZY/s120-c/photo.jpg} Media Online, Suara Pembaharu. Menyajikan Informasi Aktual & Terpercaya. {facebook#http://facebook.com} {twitter#http://twitter.com} {google#http://google.com} {youtube#http://youtube.com} {instagram#http://instagram.com}
Powered by Blogger.