Suara Pembaharu ideas 2018

Sitaro, Suarapembaharu.com - Tim Suku Adat dan Budaya Minahasa, Sangihe, Sitaro dan Talaud (Mahasatu) yang dipimpin oleh Flortje Tangkudung dipenghujung tahun 2017 mengeluarkan kalender untuk menyambut tahun 2018. Kalender unik dengan menampilkan sejarah, budaya dan adat istiadat etnis Sanger ini didalam tampilan kalendernya.


Jika biasanya kalender menggunakan beragam gambar dan tulisan dengan menggunakan bahasa Indonesia, namun kalender buatan tim ini seluruh bahasa, bahkan hari dalam penanggalan di kalender tersebut menggunakan bahasa dari etnis Sanger.

Tujuannya menurut Flortje adalah untuk lebih mengenalkan budaya dan adat istiadat masyarakat Sanger, khususnya yang ada diperantauan. Karena selama ini, banyak etnis Sanger yang hidup diperantauan, terutama generasi kedua atau ketiga sudah tidak lagi paham dengan budaya nenek moyang mereka.

" Tujuan kita hanya agar budaya etnis Sanger lebih dikenal oleh warga Sanger sendiri yang ada diperantauan. Oleh karena itu, kalender ini kami pasarkan di luar Nusa Utara," jelasnya, Sabtu (30-12-2017).

Saat ini, kalender ini banyak di minati di kota Manado  yang merupakan ibu kota Sulawesi Utara terlebih khusus oleh warga suku Sangihe-Talaud yang notabene merupakan para perantau penghuni tetap yang sudah lama mendiami kota Manado atau dalam bahasa Sanger di kenal dengan sebutan Manarou.

Pendiri Mahasatu, Julius Tjeng menuturkan bahwa ide ini sangat cemerlang dalam rangka memperkenalkan budaya dan adat istiadat etnis Sanger, walaupun masih ada beberapa kekurangan tapi itu tidak masalah kedepan bisa diperbaiki lagi. Dan saya bersama warga Sanger di Manado sebagai orang Sanger sangat bangga dengan terbitnya kalender berbahasaa Sanger ini," ungkapnya.

Kalender yang dicetak di Makassar ini, sejak dimulai di edarkan dikalangan warga etnis Sanger di kota Manado dengan harga 20 ribu per kalendernya, langsung diterima dengan sangat antusias. Bahkan, kalender ini juga sudah dipesan oleh warga etnis Sanger yang ada di Papua.

Reporter : Ikelson Gahagho
Editor : Arham Licin

Post a Comment

Suara Pembaharu

{picture#https://lh3.googleusercontent.com/-KxCpQnd7tqI/AAAAAAAAAAI/AAAAAAAAAJk/t239p-tSaZY/s120-c/photo.jpg} Media Online, Suara Pembaharu. Menyajikan Informasi Aktual & Terpercaya. {facebook#http://facebook.com} {twitter#http://twitter.com} {google#http://google.com} {youtube#http://youtube.com} {instagram#http://instagram.com}
Powered by Blogger.