Suara Pembaharu ideas 2017

Bitung, Suarapembaharu.com - Walaupun penetapan jumlah daerah pemilihan (Dapil) untuk pemilu 2019 di kota Bitung belum ada kepastian. Namun, dari hasil bimbingan tehnis beberapa lalu yang diselenggarakan KPU kota Bitung telah melempar tiga opsi.


Opsi pertama adalah dapil yang digunakan pada pemilu legislatif tahun 201 silam, dengan format tiga dapil. Yakni daerah pemilihan kecamatan Ranowulu, Girian, Matuari, daerah pemilihan kecamatan Madidir, Maesa, dan daerah pemilihan kecamatan Aertembaga, Lembeh Utara dan Lembeh selatan. Osi kedua, daerah pemilihan Matuari, Ranowulu satu dapil, Girian dan Madidir satu dapil, Maesa satu dapil, dan Artembaga, Lembeh Utara dan Lembeh Selatan satu dapil. Sedangkan opsi ketiga adalah, Matuari, Ranowulu satu dapil, Girian satu dapil, Madidir satu dapil, Maesa satu dapil dan Artembaga, Lembeh Utara dan Selatan satu dapil.

Sejumlah politisi pun angkat bicara terkait opsi dapil tersebut. Salah satunya Tonny Yunus yang juga adalah ketua DPC PKB kota Bitung, dimana menurut legislator yang terpilih dari dapil Maesa dan Madidir pada 2014 lalu ini mengaku siap berapa pun jumlah dapil yang akan ditetapkan KPU kota Bitung.

" Kalau kami selaku parpol peserta pemilu tentunya siap dengan berapa pun jumlah dapil. Karena setiap parpol punya strategi masing masing dalam rangka meraih dukungan suara pemilih, " ujarnya kepada Suarapembaharu.com beberapa waktu lalu saat ditemui digedung DPRD kota Bitung.

Sedangkan, Ketua Fraksi Golkar Erwin Wurangin juga senada dengan Tonny, bahkan politisi ini justru senang jika dapil lebih banyak. Karena, menurutnya selama ini Golkar tidak pernah tidak meraih kursi disetiap dapil sepanjang pemilu secara langsung digelar.

" Kami di partai Golkar siap berapa pun dapil yang ditetapkan, semakin banyak dapil peluang Golkar untuk meraih kursi lebih banyak semakin terbuka," jelas putra mantan orang kuat di Golkar Bitung ini. Hanya saja, Erwin mengingatkan, bahwa penentuan dapil adalah kepentingan politik, tentunya saran dan masukan dari walikota dan wakil walikota sangat berpengaruh berapa jumlah dapil yang akan ditetapkan nanti.

" Ini kepentingan politik, berapa yang akan ditetapkan saya pikir tergantung kepentingan walikota dan wakil walikota pada pemilu nanti. Jika mereka menyebut 3 dapil atau  dapil yang tepat untuk kota Bitung maka kemungkinan besar itulah yang akan menjadi keputusan," ujarnya mengakhiri perbincangan dengan awak media ini.

Reporter : Yaser Baginda 
Editor : Arham Licin

Post a Comment

Suara Pembaharu

{picture#https://lh3.googleusercontent.com/-KxCpQnd7tqI/AAAAAAAAAAI/AAAAAAAAAJk/t239p-tSaZY/s120-c/photo.jpg} Media Online, Suara Pembaharu. Menyajikan Informasi Aktual & Terpercaya. {facebook#http://facebook.com} {twitter#http://twitter.com} {google#http://google.com} {youtube#http://youtube.com} {instagram#http://instagram.com}
Powered by Blogger.