Suara Pembaharu ideas 2018

Bitung, Suarapembaharu.com - Proyek jalan tol Bitung- Manado yang melewati lima kelurahan di kecamatan Matuari masih mengalami kendala.

Kendala tersebut terkait pembebasan lahan dan ganti rugi, serta adanya jumlah bidang yang bergeser serta salah ukur. Hal ini disampaikan oleh Camat Matuari Steven Prok saat diwawancarai Suarapembaharu.com, Kamis (18-1-2018).


" Ada sejumlah bidang sudah pernah diukur, tapi karena dianggap salah ukur maka akan dilakukan pengukuran ulang. Sedangkan yang diantara Sagerat Weru Dua dan Tendeki itu masalah rencana pergeseran titik yang terkena pekuburan umum. Selain itu ada juga yang sudah dipasang patok seperti yang lokasi menuju pintu keluar satu yang ada di Sagerat, itu kita tidak tahu pasti titiknya dimana, karena pihak Satker belum pernah menghubungi pihak kami yang ada diwilayah," jelasnya.

Sedangkan terkait pembayaran ganti rugi, sudah direalisasikan yang di Sagerat Weru Satu, dimana titik yang saat ini sedang dikerjakan.Dan sambil menunggu proses penyelesaian tanah, pekerjaan sementara kemungkinan dialihkan kearah kecamatan lain.

" Kalau di lokasi lain belum ada pergerakan. Baru Sagerat Weru Satu yang prosesnya sebagian besar sudah selesai, jadi kemungkinan pekerjaan sementara dialihkan kearah pusat kota,"  ujar mantan Sekcam Matuari ini.

Senada dengan Prok, Camat Girian Ricy Tinangon juga menjelaskan kendala pembebasan jalan masih belum tuntas. Dan persoalannya hampir sama. Dimana pemilik tanah merasa ada kesalahan dalam pengukuran bidang yang akan menjadi objek jalan tol.

" Kalau kita hanya ada dua kelurahan yang dilalui jalan tol. Satu Girin Permai dan Girian Indah. Yang sedikit menjadi kendala di pengukuran yang dinilai salah. Hanya saja mungkin kendala waktu hingga Satker dan BPN belum melakukan pengukuran kembali," pungkas Tinangon.

Reporter : Yaser Baginda
Editor : Arham Licin

Post a Comment

Suara Pembaharu

{picture#https://lh3.googleusercontent.com/-KxCpQnd7tqI/AAAAAAAAAAI/AAAAAAAAAJk/t239p-tSaZY/s120-c/photo.jpg} Media Online, Suara Pembaharu. Menyajikan Informasi Aktual & Terpercaya. {facebook#http://facebook.com} {twitter#http://twitter.com} {google#http://google.com} {youtube#http://youtube.com} {instagram#http://instagram.com}
Powered by Blogger.