Suara Pembaharu ideas 2018

Penulis: Indar Wijaya
                pemerhati Perikanan

Hari ini dan bulan ini semakin banyak isu liar yang kita tidak tahu kemana muaranya, setelah impor beras, maka sektor perikanan pun menjadi jualan transaksi politik, masih ingatkah sang menteri melarang cantrang ? Karena merusak lingkungan, hari ini larangan itu dicabut, setelah sang presiden dan menteri Susi Pudjiastuti bertemu sekelompok orang yang mengataskamakan nelayan yang menolak cantrang dilarang digunakan diperairan Indonesia.

Ya hari ini sang menteri kkp berada di tengah massa dan berteriak hidup nelayan Indonesia, massa yang tadinya memusuhi menteri kini balik mendukung dan bersorak gembira ibarat orasi politik di musim kampanye, semua berubah seketika. Dibalik layar mungkin saja ada deal deal dan transaksi politik terjadi.

Cantrang sebagian besar digunakan nelayan di Pantai Utara (Pantura) Jawa Tengah, ribuan nelayan dan pabrik pengolahan ikan ada disana , jika di gunakan sebagai tim pemenangan pilgub maka lumayan banyak sebagai basis pemenangan, dan bisa menjadi penentu kemenangan moncong putih di Jateng, lalu adakah hubungannya dengan pencabutan larangan cantrang hari ini ? Pastinya ada. Ini tahun politik dan tahun dimana kebijakan bisa ditransaksikan dengan suara kaum pemilik modal termasuk cantrang.

Menarik ketika janji sang menteri mundur jika cantrang di izinkan operasi dan menarik pula ketika sang Presiden merestui cantrang untuk di legalkan kembali operasi, disini ada transkasi win win solution terjadi antara pemilik kapal, nelayan dan sang Presiden melalui menterinya, apakah terkait Pilgub Jateng??? Hanya Presiden, Menteri dan pemilik cantrang yang tahu.

Lalu ada yang bertanya 3 tahun berlalu buat apa ? Ketika pemerhati perikanan, akademisi dan mahasiswa di adu domba antara memilih berpihak ke pemrintah atau berpihak ke pemilik modal. Ataukah ini semua semata mata hanya permainan kartu politik yang kemudian korbanya adalah nelayan dan akademisi ataukah pemerhati perikanan ? Karena tidak ada lagi idealisme ketika kaum pemodal dan pemerintah sudah deal kebijakan dan pada akhirnya yang teriak pro dan kontra hanya jadi mainan percaturan politik. Dan kedua belah pihak sama sama diuntungkan.

Post a Comment

Suara Pembaharu

{picture#https://lh3.googleusercontent.com/-KxCpQnd7tqI/AAAAAAAAAAI/AAAAAAAAAJk/t239p-tSaZY/s120-c/photo.jpg} Media Online, Suara Pembaharu. Menyajikan Informasi Aktual & Terpercaya. {facebook#http://facebook.com} {twitter#http://twitter.com} {google#http://google.com} {youtube#http://youtube.com} {instagram#http://instagram.com}
Powered by Blogger.