Suara Pembaharu ideas 2018

Makassar, Suarapembaharu.com - Pernyataan sikap kondisi perikanan dan kelautan Indonesia dewasa ini oleh Himpunan mahasiswa perikanan wilayah Sulawesi VI yang ada di Makassar.


Adapun isi pernyataan sikap tersebut diseruhkan langsung oleh ketua Himapikani wilayah VI Sulawesi Sutrisno Olii, Rabu (3-1-2018).

Adapun delapan poin tersebut adalah:

1. Mendukung penuh kebijakan Larangan API (Permen 71 2016) terkait alat penangkap yang dioperasikan kapal kapal besar oleh korporasi perusahaan yang merusak keberlanjutan perikanan
2. Mendukung penuh Larangan transhipment (Permen 57 2015). Karena selama ini transhipmen dilakukan untuk kepentingan pasar gelap dan penangkapan ikan secara ilegal. Dan pelaku pelakunya adalah sebuah korporasi besar bukan nelayan kecil.
3. Mendukung penuh Larangan kapal eks asing (Permen 56 2015). Jika kapal kapal eks asing di operasikan maka Indonesia berdaulat di lautnya sendiri hanya mimpi. Ini menjadi pintu masuk bagi kapal kapal asing untuk mencuri dan mengeksplotasi kembali ikan Indonesia.
4. Larangan tangkap benur lobster, kepiting dan rajungan (Permen 56 2016). Permen ini harus ditinjau kembali agar tidak hanya melarang tapi ada kebijakan lain untuk benur lobster.
5. Mendukung Pembatasan SIKPI dan check point loading kapal pengangkut ikan hidup (Permen 32 2016). Agar carut marut sistem pembelian dan keluar masuknya perdagangan ikan bisa terawasi dengan baik.

6. Menolak segala bentuk eksploitasi sumber daya perikanan dan kelautan secara ilegal dan tidak ramah lingkungan.

7. Menolak dan menuntut dibubarkan korporasi dan perusahaan perikanan yang terbukti melakukan IUU fishing serta perbudakan manusia.

8. Menolak dengan keras pulau jawa sebagai sentral pembangunan perikanan dan menuntut pemerataan pembangunan perikanan khususnya Indonesia timur.

Reporter : Andreow Reza
Editor : Arham Licin

Post a Comment

Suara Pembaharu

{picture#https://lh3.googleusercontent.com/-KxCpQnd7tqI/AAAAAAAAAAI/AAAAAAAAAJk/t239p-tSaZY/s120-c/photo.jpg} Media Online, Suara Pembaharu. Menyajikan Informasi Aktual & Terpercaya. {facebook#http://facebook.com} {twitter#http://twitter.com} {google#http://google.com} {youtube#http://youtube.com} {instagram#http://instagram.com}
Powered by Blogger.