Suara Pembaharu ideas 2017

Manado, Suarapembaharu.com - Ada dua bakal calon bupati serta wakil bupati yang berasal dari birokrat yang masih berstatus sebagai Aparatur Sipil Negara (ASN) di Sulawesi Utara. Dia adalah Roy Octavianus Roring yang masih menjabat sebagai Asisten  III Setda provinsi Sulawesi Utara dan John Palandung yang juga masih selaku Asisten I Setda provinsi Sulawesi Utara.


Jika Roy Octavianus Roring merupakan bakal calon bupati Minahasa, John Palandung adalah bakal calon wakil bupati Sitaro. Keduanya diusing oleh partai besutan gubernur Sulawesi Utara PDI Perjuangan.

Menurut salah satu pengamat politik Sulut DR.Ferry Liando, Roring dan Palandung  memiliki kewajiban pada saat mendaftar di KPU. Kewajiban itu adalah wajib menyertakan surat pengunduran diri dari jabatannya.
kemudian harus juga ada pernyataan dari gubernur yang akan diserahkan sebagai bukti  bahwa gubernur telah menerima surat pengunduran diri dari keduanya. Surat itu harus diberikan kepada KPU lima hari setelah calon ditetapkan KPU. Sesuai Peraturan KPU Nomor 1 tahun 2017 tentang Tahapan, Program, dan Jadwal Pilkada 2018, KPU Minahasa dan Sitaro akan menetapkan pasangan calon pada 12 Februari.

" Maka surat pernyataan gubernur harus sudah  sampai ke  KPU Minahasa dan Sitaro  pada 18 Februari. Kemudian gubernur  wajib menyerahkan surat pemberhentian 60 hari setelah calon ditetapkan.
Jika hal ini tidak dipenuhi, berarti keduanya dianggap tidak memenuhi syarat dan berpeluang dibatalkan oleh KPU," jelas sosok yang juga adalah akademisi Universitas Samratulangi tersebut, Selasa (9-1-2018).

Reporter : Nanang Noholo
Editor : Arham Licin

Post a Comment

Suara Pembaharu

{picture#https://lh3.googleusercontent.com/-KxCpQnd7tqI/AAAAAAAAAAI/AAAAAAAAAJk/t239p-tSaZY/s120-c/photo.jpg} Media Online, Suara Pembaharu. Menyajikan Informasi Aktual & Terpercaya. {facebook#http://facebook.com} {twitter#http://twitter.com} {google#http://google.com} {youtube#http://youtube.com} {instagram#http://instagram.com}
Powered by Blogger.