Suara Pembaharu ideas 2017

Sangihe, Suarapembaharu.com - Penerapan kartu identitas anak (KIA) di Kabupaten Kepulauan Sangihe 2018 ini akan segera dipersiapkan.  Hal ini dibenarkan Kadis Kependudukan dan Catatan Sipil (Dukcapil) Dra Olga Makasidamo.

Dikatakannya mengawali program kerja tahun 2018, Dinas Dukcapil sudah memfokuskan pada realisasi program penerapan KIA pada triwulan pertama tahun 2018. Ini sesuai Permendagri Nomor 2 Tahun 2016 Tentang Kartu Identitas Anak (KIA), dimana setiap anak di Indonesia wajib memiliki KIA.

"Dan saat ini kami langsung menindak lanjuti berbagai persiapan, seperti penyiapan pengadaan peralatan pendukung serta penyiapan blangko,”ungkap Makasidamo, Kamis (11-1-2018).

Lanjut dijelaskan Makasidamo, hal ini bertujuan untuk memberlakukan kebijakan agar bisa memproteksi setiap anak dari praktik perdagangan anak.

“Karena fungsinya sama dengan KTP, setiap KIA akan dilengkapi dengan Nomor Induk Kependudukan (NIK),” ujarnya.

Dia juga menambahkan, pada dasarnya KIA nantinya wajib disertakan dalam tiap pengurusan administrasi anak.


“Seperti masuk sekolah, hingga mendapatkan fasilitas kesehatan, pengurusan keimigrasian, dan pengurusan pelayanan kesehatan melalui BPJS serta transaksi keuangan yang melibatkan kepentingan anak,” terangnya.

Sehingga dalam mempercepat serta mensukseskan kegiatan ini, pihak Dukcapil melakukan kerja sama dengan Dinas Pendidikan Nasional Kabupaten Sangihe yang akan ditindaklanjuti dengan turun langsung ke sekolah-sekolah.

”Terkait KIA kita harus turun langsung ke sekolah, sehingga akan dilakukan kerja sama dengan Dinas Pendidikan Nasional,” ujarnya.

Di sentil mengenai jumlah anak wajib KIA di Kabupaten Sangihe, Makasidamo menjelaskan dilihat dari jumlah anak 0-18 tahun yang sudah memiliki akta kelahiran sebanyak 29. 781 orang yang akan mengurus KIA.

"Intinya pengurusan KIA ini dilihat dari anak 0-18 tahun yang sudah memiliki akta kelahiran. Nanti KIA ini tidak akan berlaku ketika anak sudah memiliki kartu Tanda Penduduk (KTP)," tutup Makasidamo.

Reporter : Reynaldi Tulong
Editor : Arham Licin




Post a Comment

Suara Pembaharu

{picture#https://lh3.googleusercontent.com/-KxCpQnd7tqI/AAAAAAAAAAI/AAAAAAAAAJk/t239p-tSaZY/s120-c/photo.jpg} Media Online, Suara Pembaharu. Menyajikan Informasi Aktual & Terpercaya. {facebook#http://facebook.com} {twitter#http://twitter.com} {google#http://google.com} {youtube#http://youtube.com} {instagram#http://instagram.com}
Powered by Blogger.