Suara Pembaharu ideas 2018

Makassar, Suarapembaharu.com - Tragedi ambruknya selasar Tower II gedung Bursa Efek Indonesia (BEI), Senin (15-1-2018) kemarin mengejutkan banyak pihak. Pasalnya, peristiwa tersebut menelan korban luka yang tak sedikit, yakni 72 orang. Lantas, apa penyebab selasar di gedung yang berusia 20 tahun itu ambruk.

Ardy Arsyad, Pakar Teknik Sipil Unhas
Ahli Teknik Sipil Universitas Hasanuddin Makassar, Ardy Arsyad mengungkapkan untuk mengetahui penyebab pasti peristiwa ini sebaiknya menunggu hasil pemeriksaan forensik engineering. Hanya saja, jika dari tampak visual, desain dan konstruksi selasar tidak diperuntukkan bagi orang banyak. Walaupun dalam standarnya balkon tersebut harus mampu memikul beban orang 1,5 kali lebih banyak sebagaimana pada ruang pertemuan.
“Balkon sepertinya tidak didesain untuk beban banyak orang dengan standar 1,5 kali beban orang pada gedung pertemuan,” kata lulusan Universitas Adelaide, Australia itu, Selasa (16-1-2018).

Ardy menambahkan, struktur balkon gedung adalah struktur tambahan dari void yang sudah ada dari desain awal. Hal ini bisa dilihat dari struktur balok baja yang hanya diangkur bolt pada kolom dengan sling penggantung pada ujung yang melayang.

“Seharusnya jika untuk balkon, baloknya harus menyambung pada balok utama bukan hanya menempel,” jelasnya.

Selain itu, ada kegagalan sambungan pada sambungan angkur baut yang sepertinya didahului oleh kegagalan sambungan balok baja dengan sling penggantung. Menurut Ardy, boleh jadi kegagalan sambungan ini karena kapasitas yang didesain untuk balkon tidak bagi orang banyak atau karena fatigue (kelelahan).

 “Tapi karena umur baru 20 tahun lebih untuk baja biasanya masih bagus,” tutup Direktur Yayasan Pattingalloang Muda Institute itu.

Reporter :Andreow Reza
Editor : Arham Licin

Post a Comment

Suara Pembaharu

{picture#https://lh3.googleusercontent.com/-KxCpQnd7tqI/AAAAAAAAAAI/AAAAAAAAAJk/t239p-tSaZY/s120-c/photo.jpg} Media Online, Suara Pembaharu. Menyajikan Informasi Aktual & Terpercaya. {facebook#http://facebook.com} {twitter#http://twitter.com} {google#http://google.com} {youtube#http://youtube.com} {instagram#http://instagram.com}
Powered by Blogger.