Suara Pembaharu ideas 2018

Bitung, Suarapembaharu.com - Wilayah Kecamatan Ranowulu dikenal memiliki luas area pertanian terbesar dibanding kecamatan lainnya. Selain itu, banyak pemandangan menarik yang masih alamiah bisa dijumpai disini, ditambah iklim yang cukup sejuk karena beberapa kelurahan terletak di dataran tinggi.

"Saya pikir membangun agrowisata di kecamatan Ranowulu ini selaras dengan program Pemerintah untuk mengembangkan sektor pariwisata, sebab perilaku wisatawan untuk memilih daerah tujuan wisata itu atas pertimbangan bahwa daerah yang dituju memiliki alternatif-alternatif produk wisata yang beragam dan variatif. Ketika jenuh menikmati pemandangan laut, ada alternatif untuk menikmati alam hijau didaerah pegunungan yang sejuk dan tenang sambil menikmati hasil tani," Ungkap Henry Roy Somba yang juga adalah Ketua LPM Kecamatan Ranowulu yang selama ini dikenal memilki hasrat besar untuk membangun kecamatan Ranowulu agar berkembang dan memberi manfaat ekonomi bagi masyarakatnya.

Henry Somba, Ketua LPM Kecamatan Ranowulu dan Sekretaris Gempita Kota Bitung

Sekali mendayung, dua tiga pulau terlampaui. Mungkin peribahasa ini tepat untuk menterjemahkan arti dan keinginan Henry ini, sebab menurutnya dengan membangun sektor pertanian disini (Ranowulu) maka dengan sendirinya pariwisata ikut terbangun, tinggal bagaimana pemerintah melakukan publikasi atau paling praktis melakukan kerjasama dengan paket-paket tour wisata yang ada, bahwa di Bitung ada area agrowisata.

"Langkah awal untuk mengembangkannya, menurut saya cukup sederhana yakni membangun infrastruktur-infrastruktur pertanian yang bisa memberi kemudahan kepada masyarakat untuk bertani. Sebagai pengurus LPM Kecamatan Ranowulu, Kami siap membantu Pemerintah untuk merealisasikan hal ini karena sejalan dengan program unggulan kami yaitu pemberdayaan masyarakat melalui pertanian, bila dipercayakan dan dimasukkan dalam anggaran APBD," Tutup Somba yang juga dikenal sebagai pengurus gerakan pemuda tani (Gempita) kota Bitung kepada media ini, Jumat (2-2-2018).

Reporter : Yaser Baginda
Editor : Arham Licin

Post a Comment

Suara Pembaharu

{picture#https://lh3.googleusercontent.com/-KxCpQnd7tqI/AAAAAAAAAAI/AAAAAAAAAJk/t239p-tSaZY/s120-c/photo.jpg} Media Online, Suara Pembaharu. Menyajikan Informasi Aktual & Terpercaya. {facebook#http://facebook.com} {twitter#http://twitter.com} {google#http://google.com} {youtube#http://youtube.com} {instagram#http://instagram.com}
Powered by Blogger.