Suara Pembaharu ideas 2018

Minahasa, Suarapembaharu.com - Komisi Pemilihan Umum (KPU) kabupaten Minahasa, menyerahkan kepada 16 Partai politik (Parpol) peserta Pemilu, hasil akhir Verifikasi administrasi dan faktual, dihotel Mercure Manado, Kamis (8-2-2018).

(ist) penyerahan hasil verifikasi faktual oleh KPU Minahasa kepada 16 parpol

Ketua KPU kabupaten Minahasa, Meydi Tinangon menyatakan bahwa penyerahan ini dilaksanakan, setelah merampungkan proses tahapan pemeriksaan administrasi dan persyaratan yang ada.

" Penyerahan hasil verifikasi administrasi dan faktual dilakukan setelah KPU merampungkan proses tahapan, pemeriksaan struktur pengurus partai politik, domisili kantor atau sekretariat, dan 30 persen keterwakilan perempuan. Beberapa waktu lalu telah dilakukan verifikasi, dan saat ini hasilnya diserahkan ke masing-masing parpol. Tentunya dalam pelaksanaan verifikasi administrasi dan faktual, KPU Minahasa melibatkan Panitia Pengawasan Pemilu (Panwaslu) Minahasa dan Wartawan," Ujar Tinangon.

Tinangon selanjutnya manambahkan, bahwa proses penyerahan hasil ini dilaksanakan sesuai tahapan Pemilu yang telah ditetapkan.

" Dalam penyerahan hasil, KPU harus mengikuti jalanya tahapan Pemilu. Jadi jika ada yang Belum Memenuhi Syarat (BMS), itu bukan lagi ranahnya KPU Minahasa. Yang menentukan Tidak Memenuhi Syarat (TMS) dan Memenuhi Syarat(MS) adalah KPU RI. Dan memang ada beberapa parpol yang BMS dan meminta keringanan, namun KPU Minahasa tidak dapat melanggar tahapan Pemilu yang telah berjalan. Karena hal tersebut telah diatur dalam PKPU, " Lanjutnya.

Reporter : Riedel Memah
Editor : Arham Licin

Post a Comment

Suara Pembaharu

{picture#https://lh3.googleusercontent.com/-KxCpQnd7tqI/AAAAAAAAAAI/AAAAAAAAAJk/t239p-tSaZY/s120-c/photo.jpg} Media Online, Suara Pembaharu. Menyajikan Informasi Aktual & Terpercaya. {facebook#http://facebook.com} {twitter#http://twitter.com} {google#http://google.com} {youtube#http://youtube.com} {instagram#http://instagram.com}
Powered by Blogger.