Suara Pembaharu ideas 2018

Penulis : Nada Priciliya Kakio, Mahasiswi Fakultas Ekonomi dan Bisnis UNSRAT



Perkembangan Teknologi dan Transportasi menjadi pembantu dalam kehidupan Manusia. Manajemen Perubahan membuat Teknologi dan Transportasi adalah salah satu perkembangan yang membantu manusia.

Alat transportasi merupakan salah satu kemajuan teknologi yang membantu manusia dalam berbagi kegiatan sehari-hari dan menenpuh perjalanan ke suatu tempat. Transportasi yang dimaksud berupa Mobil pribadi, taxi, angkutan umum, kereta api, kapal laut dan pesawat terbang. Alat Transportasi tersebut merupakan hasil dari pemikiran manusia untuk mempermudah seseorang mencapai tujuan dalam waktu yang relative singkat dan cepat. Selama manusia tidak mengalami perkembangan dalam berpikir, maka tidak aka nada juga perkembangan lebih maju. Pada dasarnya, Teknologi tidak akan berdiri sendiri melainkan penggagas ilmu pengetahuan manusia. Kenyataanya, perkembangan teknologi sangat mempermudah transportasi khusunya di Indonesia.

Smartphone juga sangat disukai semua masyarakat. Karena dengan kecanggihan smartphone, masyarakat bisa mengetahui semua yang ada di penjuru dunia serta perkembangannya. Mulai dari browsing, game online, dan bias juga berbelanja secara online melalui Smartphone. Semakin menjamurnya penggunaan internet dikalangan masyarakat, membuat peluang bagi pembisnis dengan menggabungkan jasa transportasi dengan internet yang menjadi terobosan baru dalam transportasi. Hal ini menciptakan para pebisnis harus bersaing membuat inovasi-inovasi baru. Saat ini internet sangat berpengaruh dalam kehidupan masyarakat dari Smartphone maupun ios menjadikan masyarakat bergantung pada Smartphone. Seperti yang dirasakan sekarang oleh masyarakat luas, munculnya berbagi transportasi online yang mempermudah masyarakat untuk menuju dari satu tempat ke tempat yang lain. Dulunya yang hanya ada taksi dan angkutan umum, sekarang masyrakat bisa menikmati taxi online yang dipesan langsung dari smartphone. Tapi dalam munculnya taxi online, membuat beberapa pihak merasa keberatan bahkan ada yang menolaknya, sehingga menimbulkan permasalahan yang ada.

Namun sekarang, keberadaan taksi online bisa diterima para pesaing lainya seperti angkutan umum dan ojek pangkalan. Tak hanya membuka lapangan pekerjaan, perusahaan taksi online juga membantu masyarakat, masyarakat tidak perlu takut untuk terlambat ke kantor ataupun ke sekolah. Bukan hanya tarif yang murah, tapi juga keamanan dan kenyamanan dijamin, karena para taksi online dipantau langsung dari GPS sehingga tidak perlu takut. Manfaatnya banyak, praktis, transparan dan banyak pilihan serta adanya promo. Bukan hanya para pengguna, hal ini juga menjadi lading rezeki bagi pengemudi dan driver untuk menambah perekonomian. Tak hanya transportasi darat, transportasi laut dan udara bahkan sudah lebih mudah. Yang dulunya kita memesan tiket lewat loket, sekarang kita bisa memesan tiket lewat online, kita juga bisa menentukan kapan waktu berangakat, sehingga bisa lebih murah dibandingkan saat kita memesan tiket pada hari keberangakatan.

Dengan banyaknya aplikasi yang bermunculan, membuat masyarakat bisa memilih mana yang lebih bagus dan murahdan banyak promo. Hal ini mempermudah masyarakat untuk berpergian bahkan praktis pembayarannya juga lebih mudah. Masyarakatpun bisa membuka bisnis dibidang ini, sehingga dapat mengurangi pengangguran yang ada di Indonesia. Kesuksesan aplikasi pemesan online sangat banyak diminati banyak kalangan dan memberikan sisi positif bagi pelanggan. Seiring berkembangnya teknologi sangat mempengaruhi kebudayaan yang ada dimasyarakat, seperti harga handphone dipasaran yang sangat terjangkau bagi kalangan menengah kebawah. Transportasi online tidak hanya menimbulkan sisi positif, tapi juga menimbulkan sisi negative. Pemesanan online semakin memudarkan budaya-budaya masyarakat yang ada sebelumnya, seperti budaya mengantri, bersosialisasi dan bahkan kepedulian terhadap sekitar semakin berkurang. Contohnya, banyak masyarakat yang enggan berpergian keluar rumah hanya langsung memesan transportasi.

Dengan kebiasaan ini membuat masyarakat berfikir bahwa segala sesuatu dapat dikerjakan dengan mudah dan singkat melalui smartphone online. Dengan zaman sekarang, ilmu pengetahuan semakin mendorong memudarnya kebudayaan yang dilakukan masyarakat sebelum ada teknologi, itu juga bisa menggantikan kebudayaan lama menjadi baru. Tidak selamanya teknologi dan ilmu pengetahuan menghasilkan kebudayaan lebih baik dari kebudayaan sebelumnya. Sangat diharapkan, adanya perkembangan teknologi, masyarakat dapat menangani hal tersebut dengan bijak. Dalam kesimpulannya, teknologi masa lalu menggunakan tenaga manual yakni hewan angin atau manusia. Selain itu, prosesnya lama dan lambat, namun disisi lain, teknologi masa lalu memiliki banyak kelebihan yakni hampir semua bebas polusi.

Seiring perkembangan pola piker manusia, terciptnya teknologi transportasi dapat menutupi kekurangan dari transportasi lama sehingga teknologi sekarang sangat dibutuhkan masyarakat karena lebih praktis, namun penggunan alat transportasi memiliki dampak negative jika terus menerus digunakan, baik dari segi alam atau psikolog manusia. Sarannya, perkembangan teknologi transportasi baik dipergunakan seperlunya, jika jarak tempuh masih bisa ditempuh dengan jalan kaki, baiknya jalan kaki saja, hal tersebut merupakan contoh sederhana dalam mengatasi dampak negative dari penggunaan bahan bakar dan mengurangi polusi udara dan pencemaran suara.

Post a Comment

Suara Pembaharu

{picture#https://lh3.googleusercontent.com/-KxCpQnd7tqI/AAAAAAAAAAI/AAAAAAAAAJk/t239p-tSaZY/s120-c/photo.jpg} Media Online, Suara Pembaharu. Menyajikan Informasi Aktual & Terpercaya. {facebook#http://facebook.com} {twitter#http://twitter.com} {google#http://google.com} {youtube#http://youtube.com} {instagram#http://instagram.com}
Powered by Blogger.