Suara Pembaharu ideas 2018

Makassar,Suarapembaharu.com - Pusat Layanan Usaha Terpadu (PLUT) Koperasi dan UMKM Sulsel berkomitmen untuk meningkatkan kinerja dalam pemberian layanan untuk Koperasi sehat dan UMKM naik kelas, seiring dengan direkomendasikan menjadi Unit Pelaksana Teknis Daerah (UPTD) kelas A oleh Kementerian Dalam Negeri.


Berdasarkan surat Kemendagri yang ditandatangani oleh Sumarsono selaku Direktur Jenderal Otonomi Daerah,Nomor: 061/1137/otda tanggal 9 Pebruari 2018 telah merekomendasikan pembentukan UPTD Kelas A Pusat Layanan Usaha Terpadu (PLUT) di Sulawesi Selatan. Sesuai dengan Peraturan Pemerintah Nomor 18 Tahun 2016 tentang Perangkat Daerah dan Permendagri Nomor 12 Tahun 2017, UPTD Provinsi kelas A dibentuk apabila mewadahi beban kerja yang besar,lingkup dan tugasnya meliputi 2 fungsi atau lebih pada dinas atau wilayah kerjanya lebih satu kabupaten/kota,dan jumlah kerja efektif 15000 jam per tahun.

Kehadiran Pusat Layanan Usaha Terpadu (PLUT) diharapkan dapat menjadi ikon baru bagi Sulawesi Selatan dalam penciptaan wirausaha baru yang tangguh dan mandiri dengan mengembangkan kapasitas dan bisnis pelaku usaha kecil agar menjadi pelaku usaha yang tangguh, lebih fokus dan cerdas memposisikan bisnisnya menjadi lebih berdaya saing ditengah persaingan bisnis yang sangat ketat (hyper competitive).

Koordinator konsultan PLUT Sulsel, Bahrul Ulum Ilham mengatakan, pendampingan melalui PLUT-KUMKM memberikan layanan jasa non finansial sebagai solusi atas persoalan yang selama ini dialami pengusaha kecil menengah.

 "Pendampingan melalui PLUT-KUMKM memberikan layanan jasa non finansial sebagai solusi atas permasalahan KUMKM dalam rangka meningkatkan produktivitas, nilai tambah, kualitas kerja dan daya saing KUMKM melalui pendamping bidang kelembagaan, SDM, produksi, pembiayaan dan pemasaran di Sulawesi Selatan," jelasnya, Sabtu (24-2-2018).

Di Sulsel, akan ada 7 konsultan yang siap melayani baik kepada koperasi maupun pelaku usaha.

 “Kami di PLUT Sulsel memiliki 7 konsultan yang siap memberikan layanan kepada koperasi dan UMKM untuk di jadikan sebagai sarana komunikasi dan konsultasi yang harapannya KUMKM itu memilki solusi kedepan,” tambahnya.

Program Pusat Layanan Usaha Terpadu Koperasi dan Usaha Mikro,Kecil dan Menengah (UMKM) adalah program yang diselenggarakan oleh Kemenkop dan UKM RI dalam rangka memberikan jasa layanan yang komprehensif dan terpadu bagi pengembangan usaha koperasi dan UMKM.

Di Sulawesi Selatan saat ini telah hadir 3 (tiga) gedung PLUT KUMKM,yaitu PLUT Sulsel yang berlokasi di Jl Metro Tanjung Bunga Makassar,PLUT Kota Palopo dan PLUT Kabupaten Bantaeng.

Reporter : Andreow Reza
Editor : Arham Licin

Post a Comment

Suara Pembaharu

{picture#https://lh3.googleusercontent.com/-KxCpQnd7tqI/AAAAAAAAAAI/AAAAAAAAAJk/t239p-tSaZY/s120-c/photo.jpg} Media Online, Suara Pembaharu. Menyajikan Informasi Aktual & Terpercaya. {facebook#http://facebook.com} {twitter#http://twitter.com} {google#http://google.com} {youtube#http://youtube.com} {instagram#http://instagram.com}
Powered by Blogger.