Suara Pembaharu ideas 2018

Jakarta, Suarapembaharu.com - Ketua Umum Himpunan Pelajar Islam ( HPI ) Dewata Sakti mengatakan apa yang diucapkan Amien Rais ketika berbicara mengenai distribusi penguasaan tanah adalah fakta.




Penguasaan tanah itu dimiliki orang asing, perusahaaan, atau segelintir kelompok kecil masyarakat. Jelas ini bisa Ini dinamakan tirani minoritas pertanahan atau agraria.

"Oleh karena itu ada ancaman atau kritikan kepada Pak Amin yang soal penguasaan tanah itu salah besar. Ancaman itu bentuk premanaisme politik. Cara cara ini akan meruntuhkan wibawa pemerintah, Apalagi  pernyataan ini ditujukan kepada tokoh reformasi,'' kata Dewata Sakti kepada media, Rabu (21/03/2018).

Menurut Dewata Sakti, para tokoh bangsa hendaknya merenungkan dan belajar atas kenyataan itu. Faktanya 74 persen Lahan tanah itu dikuasai oleh pribadi maupun perusahaan. Misalnya, ada satu orang atau perusahaan yang hingga mengusai jutaan hektar tanah.

"Contoh itulah yang yang menggelitik Amien Rais untuk mendobrak ketidakadilan penguasaan lahan. Dan ini jelas menyalahi aturan konstitusi. Pasal 33 UUD 1945  Ayat 3 bahwa: bumi, air dan kekayaan alam yang terkandung di dalamnya dikuasai oleh negara dan dipergunakan untuk sebesar-besarnya kemakmuran rakyat. Pertanyaan ini pun sudah banyak para pakar yang mengatakannya. Jadi tidak hanya dikatakan secara terbuka oleh Amien Rais,'' tegas Dewata Sakti  yang juga pelajar SMA I Medan Jakarta.

Amin Rais menegaskan, program bagi-bagi sertifikat tanah itu pengibulan karena ada 74 persen tanah di negeri ini dikuasai kelompok tertentu, pemerintah diam saja. Penguasaan tanah yang luar biasa luas itu seolah dibiarkan.

"Ini apa-apaan, kata Amien saat menjadi pembicara dalam diskusi Bandung Informal Meeting" di Bandung," Minggu (18/03/2018). (Yb/**)

Post a Comment

Suara Pembaharu

{picture#https://lh3.googleusercontent.com/-KxCpQnd7tqI/AAAAAAAAAAI/AAAAAAAAAJk/t239p-tSaZY/s120-c/photo.jpg} Media Online, Suara Pembaharu. Menyajikan Informasi Aktual & Terpercaya. {facebook#http://facebook.com} {twitter#http://twitter.com} {google#http://google.com} {youtube#http://youtube.com} {instagram#http://instagram.com}
Powered by Blogger.