Suara Pembaharu ideas 2018

Manado, Suarapembaharu.com - Ungkapan kata "Memalukan" dilontarkan Wakil Ketua DPRD Manado, Richard Sualang ketika mengetahui hasil Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) kota Manado hanya masuk di urutan 13 dari 15 Kabupaten/Kota di Sulawesi Utara.



“Ini memalukan, ternyata hasil UNBK perorangan di kota Manado sangat rendah, dilihat dari  standar propinsi maupun nasional, sangat jelek sekali dan itu  sungguh sangat memalukan, ini pukulan berat kami saat konsultasi disana," ucap Sualang dengan nada kecewa.

Data tersebut kami dapati, kata Sualang, saat melakukan konsultasi ke kementerian Pendidikan dan kebudayaan (Kemendikbud) kemarin, di Jakarta.

"Untuk menghadapi UNBK 2018,  kami DPRD mendesak Dinas pendidikan (Disdak) kota Manado untuk secepatnya mengevaluasi hasil UNBK 2017 yang buruk sekali, sehingga di tahun ini hasilnya akan lebih baik, dan ada peningkatan,” kata Sualang, Rabu (07/03/2018) kemarin.

Kami DPRD Kota Manado akan akan lebih ketat pengawasannya agar tidak terulang kembali ditahun ini.

“Sangat memalukan buat DPRD ketika melakukan konsultasi di Kemendikbud, ini jadi tamparan buat kami selaku anggota dewan," tambahnya.

Hal yang sama dikatakan Wakil Ketua Komisi D, Dijana Pakasi. Bahwa Dinas pendidikan harus mengutamakan mutu pendidikannya,  bukan hanya mementingkan bagaimana keindahan sekolah, atau pembangunan sekolah, nantinya DPRD akan terus memantau pelaksanaannya.

"Perlu diketahui data dari Kemendikbud yang kami peroleh saat konsultasi, yakni untuk  hasil UNBK tahun 2017, jumlah siswa ikut 7.858 siswa, sedangkan nilai untuk bahasa Indonesia rata rata 57,34, bahasa Inggris rata – rata47,30, Matematika nilai rata rata 39,50 dan IPA nilai rata ratanya 43,85, dengan jumlah nilai 187,99," Pungkasnya. (Laks)

Post a Comment

Suara Pembaharu

{picture#https://lh3.googleusercontent.com/-KxCpQnd7tqI/AAAAAAAAAAI/AAAAAAAAAJk/t239p-tSaZY/s120-c/photo.jpg} Media Online, Suara Pembaharu. Menyajikan Informasi Aktual & Terpercaya. {facebook#http://facebook.com} {twitter#http://twitter.com} {google#http://google.com} {youtube#http://youtube.com} {instagram#http://instagram.com}
Powered by Blogger.