Suara Pembaharu ideas 2018

Sangihe, Suarapembaharu.com - Sikap pandang enteng atau cuek mulai dilakukan oleh sejumlah pejabat tinggi pratama di lingkup Pemkab Sangihe.



Bahkan, sekalipun perintah Bupati Sangihe Jabes E Gaghana berani dibantah sekitar 8 pejabat tinggi pratama dengan mangkir dari tugas pendampingan orang nomor satu di Sangihe saat melakukan kunjungan ke Kalama akhir pekan lalu. 

Padahal diantara 8 pejabat tinggi pratama tersebut ada sejumlah nama yang baru saja dilantik belum lama ini.
Menyikapi hal ini Ketua LSM Lapek H Asiz Janis angkat bicara dan menyesalkan sikap oknum-oknum pejabat dimaksud. 

"Jelas dan fakta menyatakan bahwa sejumlah pejabat tersebut dinilai sangat melecehkan Bupati selaku pejabat pembina kepegawaian di daerah ini", jelas Janis.

Lebih lanjut Janis mengatakan bahwa pejabat ini kepada Bupati saja sudah berani melakukan pembangkangan, apalagi kepada masyarakat biasa.

"Copot saja pejabat yang punya moral seperti ini sebab menjadi contoh yang tidak baik sebagai seorang ASN yang menduduki jabatan tinggi pratama. Tidak ada gunanya mempertahankan pejabat seperti ini", imbuh Janis sambil menambahkan bahwa sangsi tegas harus diberikan kepada mereka.

Terpisah Sekretaris Daerah Sangihe Edwin Roring ketika dihubungi SuarapembaharuCom, kamis (15/3/2018) di ruang kerjanya menyatakan juga sangat menyesalkan ada pejabat tinggi pratama yang tidak menghargai perintah tugas apalagi untuk pendampingan Bupati. 

"Sebagai ASN apalagi kapasitasnya sebagai pejabat tinggi pratama mampu memberikan contoh yang baik bukan sebaliknya", tegas Roring.

Roring yang punya komitmen membangun Sangihe sebagai tempat ia mengabdi melanjutkan bahwa dirinya telah memanggil delapan pejabat tinggi pratama yang mangkir dari penugasan pendampingan Bupati. 

"Mereka sudah saya panggil dan berikan peringatan tegas terkait dengan tanggungjawab yang lalai dijalankan. Dan ini menjadi catatan penting bagi semua pejabat tinggi pratama hingga pejabat lainnya di lingkup Pemkab Sangihe untuk tidak terjadi. Sebab kelalaian dalam tugas akan menjadi catatan penting dalam rencana rolling yang bakal dilakukan di waktu mendatang", tutup Roring sambil menambahkan berbagai alasan diungkapkan 8 pejabat tinggi pratama terkait dengan kelalaian dalam tugas mulai dari sakit, tugas lain namun tanpa pemberitahuan atau berita jelas.

Sementara data yang berhasil dihimpun menyebutkan 8 pejabat tinggi pratama yang mangkir tugas pendampingan tersebut masing-masing Kepala Dinas Sosial Ir Tadjudin Sainkadir, Plt Kepala Dinas Perhubungan Jacky Kumontoy, Kepala Dinas Infokom Drs Irklis Sombounaung, Kepala Dinas Lingkungan Hidup Drs Christofel Hangau, Kepala Dinas Koperasi UMKM Dra H Lahinda, Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Olden Lahamendu, Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Dra Velma Maheso serta Plt Badan Penanggulangan Bencana Rivo Pudihang. (Enal)

Post a Comment

Suara Pembaharu

{picture#https://lh3.googleusercontent.com/-KxCpQnd7tqI/AAAAAAAAAAI/AAAAAAAAAJk/t239p-tSaZY/s120-c/photo.jpg} Media Online, Suara Pembaharu. Menyajikan Informasi Aktual & Terpercaya. {facebook#http://facebook.com} {twitter#http://twitter.com} {google#http://google.com} {youtube#http://youtube.com} {instagram#http://instagram.com}
Powered by Blogger.