Suara Pembaharu ideas 2018

Suarapembaharu.com - Buruh merupakan manusia yang menggunakan tenaga dan kemampuannya untuk mendaptkan balasan berupa pendapatan baik berupa uang maupun bentuk lainya kepada pemberi kerja, pengusaha atau majikan.





Dan hari Buruh, atau Mey Day, punya sejarah panjang di dunia ini. yang paling diacu menjadi titik nol adalah: kongres sosialis dunia pada 1889 yang menetapkan 1 Mei menjadi hari buruh sedunia dan menuntut agar buruh dunia mendapatkan waktu bekerja tidak lebih dari delapan jam sehari. May Day yang berangkat hampir bersama dengan berkembangnya kapitalisme dunia mendapatkan tekanan keras dari pemerintah di banyak negara.

Di indonesia sendiri, kita punya cerita pahit perjuangan kaum kiri, proletriat, sosialis dan kaum buruh. May Dey dihilangkan di era orde baru karena pada masa itu, razim begituh takut dengan  "Hantu Komunis", dan tentu saja gerakan buruh dihubung-hubungkan dengan komunisme. Pada tahun 1993, Marsinah menjadi nama yang kian menghiasi catatan kelam sejarah buruh di indonesia. Ia menghilang setelah ikut berunjuk rasa demi kesejahteraan buruh. tiga hari setelah menghilang, Marsinah ditemukan meninggal dengan luka berat akibat penganiayaan.

Namun, setelah Orde Baru berakhir, hari buruh kembali dirayakan oleh beruh di indonesia dengan demonstrasi di banyak kota. Dan baru beberapa tahun kebelakang ini, Hari Buruh menjadi hari libur. meski tentu saja, tuntutan belum selesai. Masih banyak buruh di dunia , juga di negeri kita tercinta, yang bekerja lebih dari delapan jam dengan upah jauh dibawah rata-rata.

Coba kembali melihat Sepatumu, tasmu, bajumu. Tampa Buruh, semua tak akan ada. Hari ini bukan hanya tanggal 1 Mei, hari ini bukan hanya hari untuk berlibur, tetapi hari ini adalah penanda bahwa ada hal yang belum selesai, ada hak yang belum diberi. Angkat kepalamu, Selamat hari buruh.

Penulis : Yaser Baginda

Post a Comment

Suara Pembaharu

{picture#https://lh3.googleusercontent.com/-KxCpQnd7tqI/AAAAAAAAAAI/AAAAAAAAAJk/t239p-tSaZY/s120-c/photo.jpg} Media Online, Suara Pembaharu. Menyajikan Informasi Aktual & Terpercaya. {facebook#http://facebook.com} {twitter#http://twitter.com} {google#http://google.com} {youtube#http://youtube.com} {instagram#http://instagram.com}
Powered by Blogger.