Suara Pembaharu ideas 2018

Sitaro, Suarapembaharu.com - Sejumlah nelayan di wilayah pulau-pulau Kecamatan Siau Timur Selatan (Sitimsel) mengeluhkan biaya pembelian Bahan Bakar Minyak (BBM) yang dinilai memberatkan. Calon Bupati dari Partai Golkar, Alfrets Ronald Takarendehang, langsung tanggap dengan masalah ini.



“Biaya pembelian bensin untuk melaut terlalu tinggi dan mempengaruhi ongkos nelayan, mereka mengeluh karena selama ini tidak pernah merasakan harga subsidi,” kata Irwan Makikama, Koordinator Tim Pemenangan Alfrets Ronald Takarendehang-Jutixel Rudolf Parera (ART Juara) di Kecamatan Sitimsel, Senin (21/05/2018).

Ronald sendiri mendengar langsung keluhan komunitas nelayan saat melakukan kampanye rumah ke rumah maupun tatap muka di Kampung Buhias, Matole, Pahepa dan Tapile pada 18-19 Mei 2018. Harga bensin subsidi menjadi dambaan mereka.

Karena itu menurut Ronald, ke depan bila dipercaya masyarakat memimpin Kabupaten Kepulauan Sitaro, dia berniat membangun SPBU khusus nelayan di Sitimsel. Lewat stasiun itu harga bensin bisa dinormalisasi sesuai program Presiden Jokowi yaitu BBM 1 harga.

Kehadiran SPBU atau pompa bensin untuk nelayan menjadi krusial, karena ini salah satu cara mengakselerasi perekonomian masyarakat nelayan Sitaro yang kesehariannya hidup dari hasil laut.

Selain di Sitimsel, Ronald berniat membangun fasilitas yang sama di pulau-pulau lain, khususnya yang memiliki komunitas nelayan.

“Selama ini rata-rata per liter dibeli nelayan seharga Rp 10.000, bila kita menyesuaikan dengan harga nelayan nelayan di Sitimsel bisa menghemat sekitar Rp 3.000 per liter,” kata kandidat bupati nomor urut 1 ini.

“Bahkan bila dihitung-hitung lebih detail lagi setiap nelayan bisa menghemat hingga di atas Rp 10 juta dalam setahun,” tambah dia.

Selain SPBU khusus nelayan, Ronald juga berniat membangun fasilitas air bersih di wilayah kepulauan Sitimsel. Seperti halnya normalisasi harga bensin, air bersih juga menjadi kebutuhan penting karena selama ini warga mendapat air dengan cara-cara konvensional.

“Kita akan mencoba berbagai teknologi untuk menghadirkan air bersih di wilayah pulau-pulau, ini guna menjawab kebutuhan masyarakat dan menghadirkan pemerataan pembangunan,” jelasnya. (Igel)

Post a Comment

Suara Pembaharu

{picture#https://lh3.googleusercontent.com/-KxCpQnd7tqI/AAAAAAAAAAI/AAAAAAAAAJk/t239p-tSaZY/s120-c/photo.jpg} Media Online, Suara Pembaharu. Menyajikan Informasi Aktual & Terpercaya. {facebook#http://facebook.com} {twitter#http://twitter.com} {google#http://google.com} {youtube#http://youtube.com} {instagram#http://instagram.com}
Powered by Blogger.