Suara Pembaharu ideas 2018

Sangihe, Suarapembaharu.com - Bupati Jabes Ezar Gaghana SE ME dan Wakil Bupati (Wabup) Helmud Hontong SE, bersama dengan Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimpda) pantau pelaksanaan Pemilihan Kapitalaung (Pilkam) secara serentak di sejumlah wilayah di Kabupaten Kepulauan Sangihe, Senin (28/5/2018).



Bupati bersama rombongan pertama memantau pelaksanaan Pilkam di Kecamatan Kendahe, selanjutnya belarih ke Kecamatan Tabukan Utara (Tabut), tepatnya di Kampung Likuang, Bupati dan Wabup turun langsung sambil melihat dan berbaur bersama masyarakat setempat.

Pilkam serentak tahun 2018 ini, dari 145 kampung yang ada di Sangihe hanya 113 kampung yang mengikuti Pilkam, yang sebenarnya ada 122 kampung akan tetapi 9 kampung di tunda pada tahun 2020.

Bupati Jebes Ezar Gaghana SE ME, saat sedang melakukan pemantauan kepada sejumlah wartawan mengatakan, pelaksanaan agenda tersebut sesuai dengan yang di harapkan dan antusias masyarakat terhadap pelaksanaan Pilkam sangat maksimal dengan kehadiranya di TPS untuk memberikan hak suara mereka.

"Secara situasional sangat luar biasa, masyarakat disini membangun demokrasi yang antusias sehingga kehadiran dari pemilih mencapai 90 persen, itu cukup bagus," kata Gaghana.

Kedepan lanjut Gaghana, Pemkab Sangihe ataupun panitia ditingkat Kabupaten lebih meningkatkan sosialisasi kepada masyarakat dan masalah data pemilih lebih dimaksimalkan demi meminimalisir permasalah dilapangan.

"Yang perlu diperbaiki kedepan adalah terkait dengan sosialisasi keikut sertaan pemilih. Tadinya di daftar calon sementara pemilih masuk tapi namanya tidak ada, tetapi dia mempunyai KTP. Itu nantinya panitia kabupaten yang akan mengkonsultasikan dan itu harus dimungkinkan, karena bisa saja dia keliruh dari daftar calon sementara ke daftar calon tetap," ungkap Gaghana.

Selanjutnya Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Sangihe Benhur Takasiaheng mengungkapkan, harapanya dalan pelaksanaan Pilkam ini bisa mencapai 85 persen suara dari pemilih, dan juga antusias dari masyarakat itu sendiri sangat luar biasa.

"Kami berharap dalam pelaksanaan pilkam serentak tahun 2018 ini bisa mencapai sekurangya 85 persen dari pemilih sendiri, dan dilihat dari keadaan masyarakat yang memilih antusias mereka sangat luar biasa. Dan ini menandahkan bahwa masyarakat sangihe sudah menunjukan kesadarnya," tutur Takasiaheng.

Berikutnya Kapolres Sangihe AKBP Sudung Ferdinand Napitu SIK menjelaskan, situasi Kambtibmas masih relatif kondusif, serta dibeberapa TPS ada Personil yang mengawasi Pilkam tersebut.

"Secara umum untuk situasi Kambtibmas saat Pilkam terbilang relatif kondusif. Dan kemudian ada beberapa tempat yang menjadi asumsi dari pihak kepolisian dimana disetiap dua TPS ada satu Porsenil yang mengawasinya, sedangkan di tempat-tempat tertentu diisi satu Personil secara kusus, untuk mengawasi agar tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan," jelas Napitu.

Dikonfirmasi terpisah oleh sejumlah wartawan kepada salah satu masyarakat Kampung Likuang Alfonsius Sinsu menyampaikan, di Pilkam ini suasananya sangat ramai, dikarenakan antusias dari masyarakat menunjukan kesadaran mereka, dan berharap bagi yang terpilih dapat memperhatikan dan membangun Kampung Likuang.

"Untuk Pilkam ini sangat ramai sekali, karena antusias dari masyarakat menunjukan kesadaran untuk menentukan hak pilihnya khususnya di Kampung Likuang, dan harapanya  siapapun yang bakal terpilih nanti agar dapat menunjukan tujuan mereka untuk membangun Kampung Likuang serta memperhatikan kesejahteraan dari masyarakat," ucap Sinsu. (Enal)

Post a Comment

Suara Pembaharu

{picture#https://lh3.googleusercontent.com/-KxCpQnd7tqI/AAAAAAAAAAI/AAAAAAAAAJk/t239p-tSaZY/s120-c/photo.jpg} Media Online, Suara Pembaharu. Menyajikan Informasi Aktual & Terpercaya. {facebook#http://facebook.com} {twitter#http://twitter.com} {google#http://google.com} {youtube#http://youtube.com} {instagram#http://instagram.com}
Powered by Blogger.