Suara Pembaharu ideas 2018

Bitung, Suarapembaharu.com - Operasi Tangkap Tangan (OTT) yang dilakukan oleh Polres Bitung di Kantor Syahbandar dan Oteritas Pelabuhan kelas I (KSOP) menghebohkan warga Bitung, Selasa (08/05/2018).



Kapolres Bitung, AKBP Philemon Ginting SIK MH menjelaskan, OTT yang dilaksanakan Polres beracu pada adanya keresahan masyarakat akibat praktek pungutan liar di kantor KSOP Bitung.

"Modus uang diterima sebagai ucapan terimakasih dengan jumlah bervariasi setelah surat ijin berlayar ditandatangani oleh tersangka ES alias Erwan (42)," beber Kapolres.

Pada saat dilakukan pemeriksaan, kata Kapolres, didalam laci meja tersangka Erwan Setiawan terdapat 1 buah tas ransel berwarna hitam miliknya.

"Didalam tas tersebut di temukan uang pecahan seratus ribu, lima puluh ribu rupia berjumalah Rp.102.832.000,-  serta mata uang Dolar Amerika pecahan 100 dolar sebanyak 6 lembar, pecahan 50 dolar sebanyak 2 lembar, pecahan 10 dolar sebanyak 2 Lembar, 5 buah HP serta buku daftar registrasi data nama dan jenis kapal yang akan diberangkatkan," jelasnya.

Lebih lanjut, Kapolres mengungkapkan, semua uang yang ditemukan didalam tas dan laci kerja tersangka adalah hasil pemberian para pemilik kapal yang akan berlayar untuk mendapatkan Surat Persetujuan Berlayar Dari Kantor KSOP Bitung.

"Pasal yang dipersangkakan atas Operasi Tangkap Tangan (OTT) yaitu pasal 12 huruf b gratifikasi atau huruf e pemerasan UU No 31 tahun 1999 dan UU 20 tahum 2001 tentang pemberantasan tindak pidana korupsi," pungkasnya. (Yb)

Post a Comment

Suara Pembaharu

{picture#https://lh3.googleusercontent.com/-KxCpQnd7tqI/AAAAAAAAAAI/AAAAAAAAAJk/t239p-tSaZY/s120-c/photo.jpg} Media Online, Suara Pembaharu. Menyajikan Informasi Aktual & Terpercaya. {facebook#http://facebook.com} {twitter#http://twitter.com} {google#http://google.com} {youtube#http://youtube.com} {instagram#http://instagram.com}
Powered by Blogger.