Suara Pembaharu ideas 2018

Sangihe, Suarapembaharu.com - Palapa Ring merupakan proyek infakstruktur pembuatan serat optik (Kabel bawah laut) di seluruh Indonesia dengan panjang kabel 3.600 Kilo Meter (KM) salah satu program pemerintah pusat dibawah kepemimpinan  Joko Widodo- Jusuf Kala untuk membangun dari pinggiran melalui Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo). Kini pembuatanya masuk ke wilayah Kabupaten Kepulauan Sangihe.



Hal ini dikatakan Kepala Dinas  Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Kabupaten Sangihe Drs Irklis Sombounaung saat dikonfirmasi Sejumlah wartawan Senin (04/6/2018) diruang kerjanya.

Dikatakanya, palapa ring ini merupakan proyek infakstruktur pembagunan serat optik, yang dilaksakan dalam tiga paket yaitu palapa ring barat, palapa ring tengah dan palapa ring timur.

"Palapa ring merupakan proyek lnfrastrukur telekomunikasi berupa pembangunan serat optik diseluruh Indonesia yang dilaksanakan dalam tiga paket pekerjaan, sesuai pembagiaannya terdiri dari palapa ring burat, pala ring tengah dan palapa ring timur sepanjang 3.600 KM yang akan melewati kurang lebih 440 wilayah Kabupaten kota," kata Sombounaung.

Dijelaskanya, Kabupaten Sangihe masuk dalam kategori palapa ring tengah. Dimana palapa ring tengah tersebut merupakan proyek paling besar yang meliputi Kalimantan, Sulawesi dan Maluku.

"Kabupaten Sangihe sendiri masuk dalam kategori paket palapa ring tengah, yang secara khusus palapa ring tengah merupakan proyek palapa ring terbesar yang meliputi wilayah Kalimantan, Sulawesi dan Maluku yang memiliki total panjang serat kabel optik sekitar 2.995 KM dan akan menjangkau 27 wilayah Kabupaten Kota yang sebagian kondisi Teritorialnya masih belum layak secara ekonomi dan bukan merupakan area pembangunan Komersil," jelas Sombounaung.

Sampai saat ini jelas Sombounaung lagi, untuk realisasinya mencapai 77,49 persen di Kabupaten Minahasa, Kabupaten Sitaro, Kabupaten Sangihe dan Kabupaten Talaud.

"hingga saat ini realisasinya sudah mencapai 77,49 % dan telah masuk pada tahapan penggelaran kabel optik bawah laut daerah Minahasa, Sitaro, Kabupaten Sangihe dan Talaud," ungkapnya.

Ditambahkanya, serat optik tersebut sudah masuk ke wilayah Kabupaten Sangihe dan sementara dalam proses pelaksanaan.

"Saat ini pembuatan serat optik tersebut sudah berada di wilayah Sangihe, dan berharap dengan terlaksananya program ini, bisa membuat jaringan di Sangihe lebih baik seperti yang diharapkan oleh sombounaung," pungkasnya. (Enal)

Post a Comment

Suara Pembaharu

{picture#https://lh3.googleusercontent.com/-KxCpQnd7tqI/AAAAAAAAAAI/AAAAAAAAAJk/t239p-tSaZY/s120-c/photo.jpg} Media Online, Suara Pembaharu. Menyajikan Informasi Aktual & Terpercaya. {facebook#http://facebook.com} {twitter#http://twitter.com} {google#http://google.com} {youtube#http://youtube.com} {instagram#http://instagram.com}
Powered by Blogger.