Suara Pembaharu ideas 2018

Manado, suarapembaharu.com - Pengunjung kawasan mega mas manado, dikagetkan dengan peristiwa baku tembak antara personel Komando Pasukan Katak (KOPASKA) TNI-AL dengan teroris, pada Kamis (19/7/2018).



Tembakan tersebut ternyata berasal dari atas kapal MT Pancalima (bulsi KRI Multatuli-561) yang dilakukan oleh teroris dan diindikasikan sebagai aksi tindak lanjut dari serangkaian teroris di laut.

Mengetahui terjadinya penyanderaan Abk MT Pancalima yang berada diwilayah teluk manado, langsung menggelar operasi pembebasan sandera.

Baku tembak pun terjadi. Sejumlah anggota teroris berhasil dilumpuhkan oleh Tim VBSS Sat Kopaska Koarmada II.

Dalam aksi penyelamatan sandera, TNI AL menerjunkan sejumlah Empat Unsur KRI (KRI Multatuli-561, KRI Badik-623, KRI Diponegoro-365 dan KRI SNU-373), Dua Kal (Kal Patola-1827 dan Kal Tedung Mega-1825), Dua Sea Reader Kopaska Koarmada II, Satu Helly TNI AL (HS4204) dan Pesud TNI AL (U-6216).

Berkat kerja keras tim Kopaska, semua sandera berhasil diselamatkan, dan sejumlah teroris berhasil dilumpuhkan. Sebagian anggota teroris meninggal dalam akti baku tembak sedangkan anggota teroris yang masi hidup langsung diserahkan ke Pomal AL.

Semua kejadian tersebut hanyalah simulasi yang dilakukan untuk Kesiapsiagaan Operasional Koarmada II TA 2018 yang bertempat di Teluk Manado Kawasan Megamas, Sulawesi Utara.

Kadispenal VIII Myr Laut Yusuf Ali mengatakan, latihan ini merupakan sarana mengasah kesiapsiagaan Koarmada II dalam menghadapi ancaman sesungguhnya dari pihak lawan. "Sehingga Koarmada II mampu mengatasi setiap ancaman yang datang dari laut ke wilayah NKRI," kata Kadispenal VIII Myr Laut Yusuf Ali.

Hadir dalam kegiatan tersebut, Dirdok Kodiklat TNI Laksma TNI lwan Isnurwanto, Kabinda Sulut Laksma TNI Heri Jamhari, Danguspurla Koarmada II Laksma TNI Erwin S Aldedharma, Wadan Lantamal VIII Kolonel Mar Budi Purnama, Dansatrol Lantamal VIII Manado KoloneI Laut (P) Joko Pruatin, Kabid Ops Bakamla Sulut Letkol Laut (E) Henwansah, Kasi KPLP Manado Yusak Duyoh dan Pasiops Yonmarhanlan Mayor Marinir Benny.

(MudatsirSuleman)

Post a Comment

Suara Pembaharu

{picture#https://lh3.googleusercontent.com/-KxCpQnd7tqI/AAAAAAAAAAI/AAAAAAAAAJk/t239p-tSaZY/s120-c/photo.jpg} Media Online, Suara Pembaharu. Menyajikan Informasi Aktual & Terpercaya. {facebook#http://facebook.com} {twitter#http://twitter.com} {google#http://google.com} {youtube#http://youtube.com} {instagram#http://instagram.com}
Powered by Blogger.