Suara Pembaharu ideas 2018

Penulis: Noldus Pandin S.Ant (Alumni UGM)
Editor. : AndreowReza


Makassar, suarapembaharu.com - Berbicara tentang pendidikan berarti bicara mengenai keramahan dalam mengayomi seluruh peserta didik secara universal. Keberadaan peserta didik yang berkebutuhan khusus atau difabel, maka sewajarnya pula ada perlakuan - perlakuan yang ramah. Hal itu merupakan tindakan yang manusiawi dan sebagai wujud partisipsi sekolah bersama para guru turut melaksanakan atau menjalankan undang-undang no.8.tahun 2016 tentang perlindungan disabilitas.



Dunia pendidikan salah satu hak dari banyaknya pemenuhan hak-hak yang lainnya. Oleh karena itu semua pihak wajib menghormati keberadaan terutama keberadaan anggota keluarga masyarakat yang dalam keadan difabel tidak boleh menghalangi impian-impian kaum difabel.

Sangat disayangkan jika ada warga yang melakukan tindakan-tindakan yang tidak manusiawi kepada kaum difabel. Kaum difabel sangat rentan dalam tindakan-tindakan kekerasan.

Di kota Makassar, telah ada peraturan daerah tentang pemenuhan hak-hak penyandang disabilitas. yakni perda no.6 tahun 2013, dan juga perda perlindungan penyandang disabilitas pada tingkat provinsi sulawesi-selatan yakni no.5 tahun 2016 tentang; Perlindungan dan pelayanan bagi penyandang disabilitas.

Dengan keberadaan undang-undang dan peraturan menjadi bentuk kepedulian dari pemerintah tingkat pusat hinga ke daerah. Namun yang menjadi kendala adalah tindakan-tindakan yng nyata dalam masyrakat agar tercapilah isi dari regulasi-regulasi yang ada. Khusus di hari Anak Nasional yang akan diperingati tgl 23 Juli 2018, pemerintah semakin aktif mengkampanyekan atau melindungi kaum difabel terutama masih anak-anak yang punya hak menjadi generasi yang berguna bagi bangsa Indonesia tercinta.

Pada level nasional telah ada juga regulasinya yakni. no. 19 tahun 2011 tentang Pengesahan convention on the rights of persons with disabilities (konvensi mengenai hak-hak penyandang disabilitas).

Keberdaan ruang publik masih harus juga menjadi perhatian semua pihak bagi difabel terutama akses. Dan juga perlindungan akan anggaran yg telah ada bagi difabel, namun masih terkadang jalan ditempat. selamat hari anak Indonesia. Mari kita lindungi dan rawat anak-anak kita sebagai cikal bakal generasi gemilang INDONESIA JAYA.UNTUK MENGHIASI KONDE IBU PERTIWI SUPAYA SEMAKIN CANTIK DAN MENAWAN DI MATA DUNIA.

Post a Comment

Suara Pembaharu

{picture#https://lh3.googleusercontent.com/-KxCpQnd7tqI/AAAAAAAAAAI/AAAAAAAAAJk/t239p-tSaZY/s120-c/photo.jpg} Media Online, Suara Pembaharu. Menyajikan Informasi Aktual & Terpercaya. {facebook#http://facebook.com} {twitter#http://twitter.com} {google#http://google.com} {youtube#http://youtube.com} {instagram#http://instagram.com}
Powered by Blogger.