Suara Pembaharu ideas 2018

Sangihe, suarapembaharu.com - Guna menunjang optimalisasi program pemerintah pusat melalui Tol Laut, penting untuk ikut berperan aktif menopang pelaksanaannya di wilayah pulau-pulau.



Demikian disampaikan Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan Pemerintah Kabupaten Kepulauan Sangihe Ir Felix Gaghaube, yakni sebagai satu bagian yang diberlakukan selama ini, proses tindaklanjutnya agar selalu dikoordinasikan bersama wilayah-wilayah setempat.

"Mengoptimalkan Tol Laut, tak hanya berlaku bagi Pemerintah Kabupaten Kepulauan Sangihe. Namun memerlukan topangan tiga kabupaten perbatasan, termasuk Kabupaten Kepulauan Siau Tagulandang Biaro (Sitaro) dan Kabupaten Kepulauan Talaud," jelasnya, Senin (23/07/2018).

Gaghaube juga menambahkan, Pelabuhan Tahuna sebagai Hub tentunya melalui proses rute yang selama ini diterapkan, masih memungkinkan untuk dikembangkan lebih luas lagi.

"Yakni Surabaya, Makasar dan pulau pulau di wilayah perbatasan, yakni Pelabuhan Tahuna. Kapal Tol Laut yang mengangkut barang-barang pokok dan barang penting lainnya," kata dia.

Pula dijelaskannya, dimuat dalam peti kemas dan selanjutnya didistribusikan, proses dimaksud nantinya peti kemas tersebut akan kosong yakni tak ada lagi barang-barang pokok dan barang penting lainnya.

"Karena sudah kosong, maka peti kemas tersebut tentunya masih bisa diisi dengan produk lokal yang akan dibawa ke wilayah lainnya. Untuk mengisinya, maka tiga kabupaten perbatasan agar bersama-sama berpartisipasi aktif," tambahnya.

(ReynaldiTulong)

Post a Comment

Suara Pembaharu

{picture#https://lh3.googleusercontent.com/-KxCpQnd7tqI/AAAAAAAAAAI/AAAAAAAAAJk/t239p-tSaZY/s120-c/photo.jpg} Media Online, Suara Pembaharu. Menyajikan Informasi Aktual & Terpercaya. {facebook#http://facebook.com} {twitter#http://twitter.com} {google#http://google.com} {youtube#http://youtube.com} {instagram#http://instagram.com}
Powered by Blogger.