Suara Pembaharu ideas 2018

Sulsel, suarapembaharu.com - Program Penyediaan Air Minum dan Sanitasi, (PAMSIMAS) akan gelar Mis-Day dan CB-Day pada 26 -27 Juli 2018. di Kabupataen Pohuato Provinsi Gorontalo.



"Pada setiap bulan berusaha untuk update data–data yang telah didapatkan pada kerja-kerja pemberdayaan dan untuk mendukung kerja-kerja tersebut maka juga dilakukan juga peningkatan kapasitas bagi para fasilitator," beber Abdul Rahman, Kamis (26/07/2018).

Abdul Rahman, selaku Kordinator District Pohuwato menegaskan kegiatan Mis Day dan CB Day diusahakan dilakukan dua hari pada setiap bulan. Selain untuk update data, tapi seiring dengan kemajuan program juga.

"Berdasar pergerakan masyarakat yang terus berkembang, termasuk kondisi  sarana dan prasarana air bersih dan sanitasi pada wilayah program  pamsimas  juga terus mengalami pergerakan dari realitas kondisi ini maka Mis Day dan CB Day harus tetap dilakukan," pungkasnya.

Pada peningkatan kapasitas seperti tehnik-tehnik, pengambilan data, kata Abdul, melalui (Rapit Technikal Assesment), akan terus dilakukan pemutahiran sesuai dengan kondisi setempat dalam hal ini PAMSIMAS menyebut dengan sebutan Identifikasi Masalah dan Analisis Situasi (IMAS).

"Yang mana IMAS ini akan menjadi rujukan dalam pengambilan keputusan untuk langkah-langkah selanjutnya, seperti pada pembuatan Proposal dan PJM-Pro Aksi sebagai Rencana Pembangunan Jangka menengah yang mengkhususkan pada pembangunan Air bersih dan Sanitasi,  juga diharap PJM-Pro Aksi ini  menjadi rujukan bagi beberapa instansi yang juga berprogram pada penyediaan air minum dan sanitasi di perdesaan seperti P3MD, kesehatan, transmigrasi dan lainnya, apalagi desa-desa pada saat sekarang yang memperoleh dana desa dapat memperoleh data dari PJM-Pro Aksi yang dibuat oleh PAMSIMAS," katanya.

Selanjutnya Co-DC Pohuwato, menegaskan masih banyak masalah pembangunan masyarakat yang ada pada pelosok desa belum tercatat sebagai program kerja pembangunan.

"Dari kenyataan itu maka kegiatan Mis-day dan CB-day perlu menjadi prioritas agar kerja-kerja pemberdayaan yang dilakukan oleh PAMSIMAS, akan terus menampakkan hasil positif bagi kesejahteraan masyarakat, terutama masyarakat desa yang jauh dari hingar bingar kota," pungkasnya.

(YaserBaginda/***)

Post a Comment

Suara Pembaharu

{picture#https://lh3.googleusercontent.com/-KxCpQnd7tqI/AAAAAAAAAAI/AAAAAAAAAJk/t239p-tSaZY/s120-c/photo.jpg} Media Online, Suara Pembaharu. Menyajikan Informasi Aktual & Terpercaya. {facebook#http://facebook.com} {twitter#http://twitter.com} {google#http://google.com} {youtube#http://youtube.com} {instagram#http://instagram.com}
Powered by Blogger.