Suara Pembaharu ideas 2018

Sangihe, suarapembaharu.com - Tahun 2019 kini menjadi tahun penantian dari sejumlah partai yang tengah mengusung kadernya dalam helatan pemilihan legislatif Kabupaten Kepulauan Sangihe.



Partai-partai sebagai gudang kader, menjamah figur yang tentu tak sembarang pilih, figur mana yang akan mereka usung. Adu strategi dan popularitas kaderpun barangkali menjadi modal dalam helatan politik 2019 nanti.

Namun demikian menurut Ketua LSM LAPEK H Azis Janis, menilai setiap kader yang dipilih oleh partai, ada baiknya dibekali pendidikan politik yang memadai, agar supaya mereka benar-benar tahu tugas dan fungsi dewan.

“Pendidikan politik itu sudah diatur dalam UU Parpol. Ada baiknya setiap partai yang ada mendorong hal demikian,” kata dia.

Janis juga berharap agar supaya setiap Calon Legislatif (Caleg) yang nantinya akan tampil di tahun politik 2019, harus benar-benar mempersiapkan dirinya untuk mengawal dan menyuarakan aspirasi rakyat dan tidak sebatas bermodalkan uang.

“Bagi saya, sebagian caleg yang baru ini, masih minim pengetahuan mengenai tugas dan fungsi legislatif. Dalam hal ini mereka harus menyesuaikan dengan alur politik dan harus benar-benar menjadi corong penyalur aspirasi masyarakat. Akan sangat berbahaya bagi perkembangan daerah, jika hanya bermodalkan uang semata. Dan hal itu juga akan berpengaruh negatif bagi lembaga legislatif,” pungkas Janis.

Paulus Theodorus Sosrony Serang, calon legislatif DPRD Sangihe dari Partai Demokrat Dapil III Sangihe menanggapi persoalan yang disampaikan Janis.

“Keberpihakan kepada rakyat adalah tugas utama wakil rakyat. Dalam artian kepentingan menyuarakan aspirasi masyarakat melalui ruang tata aturan maupun pengawasan harus ditegakkan,” ujar Serang.

Ketika ditanyakan mengenai cost politik, Serang menegaskan, secara pribadi dia menolak namanya praktik politik yang tidak mencedaskan masyarakat.

“Jika dihubungkan dengan money politik, saya menolak dengan tegas hal tersebut. Saya pribadi berlatar belakang Idealisme Jurnalis, dan sudah seharusnya membiasakan yang benar. Jika perjuangan selama ini masih dari luar ruang, sekarang saya memberanikan diri untuk masuk ke ruang politik sesungguhnya guna memperjuangakan aspirasi masyarakat,” tegas Serang.

(ReynaldiTulong)

Post a Comment

Suara Pembaharu

{picture#https://lh3.googleusercontent.com/-KxCpQnd7tqI/AAAAAAAAAAI/AAAAAAAAAJk/t239p-tSaZY/s120-c/photo.jpg} Media Online, Suara Pembaharu. Menyajikan Informasi Aktual & Terpercaya. {facebook#http://facebook.com} {twitter#http://twitter.com} {google#http://google.com} {youtube#http://youtube.com} {instagram#http://instagram.com}
Powered by Blogger.