Suara Pembaharu ideas 2018

Pasaman, suarapembaharu.com - Kisah manusia dengan berbagai macam nasibnya seolah tidak ada henti-hentinya mewarnai kehidupan ini. Ada saatnya kita dibuat kagum dan termotivasi dengan kehidupan orang lain yang kelihatannya begitu sempurna.


Tapi sering pula dibuat sedih hingga meneteskan air mata ketika melihat kehidupan seseorang dengan takdir yang menurut pandangan kita disebut tidak beruntung.

Hidup sebagai anak yatim piatu dari usia dini semua orang pasti tidak ingin mengalaminya. Akan tetapi takdir yang demikian itu adalah mutlak kekuasaan Allah.

Ditakdirkan menjadi anak yatim piatu sejak masih belajar ditingkat SLTP itulah yang dialami Anak gadis sebut saja Bunga (nama samaran), tinggal di Kecamatan Bonjol, Kabupaten Pasaman, Sumatera Barat. 

Hingga saat ini Bunga semakin besar dan telah duduk di kelas 3 tingkat SLTA didaerah itu. Namun tak disangka, betapa sedih dan malangnya nasib anak ini. Setelah kedua orang tuanya meninggal ia tinggal bersama saudara orang tuanya, namun tak berapa lama keluarga itu merampas harta Bunga yang ditinggalkan orang tua Bunga, hingga saat ini ia hanya hidup sebatang kara. Tak pernah ia bayangkan, dan tidak ia inginkan.

Betapa beratnya ia rasakan hidup ini, hidupnya menjadi teramat sulit. Ia menjalani hidup sebatang kara dan pendidikannya saat ini sudah kelas 3 SMA, ia telah hapal 4 Juz Al-qur'an, semua biayanya dari sisa dana peninggalan orang tuanya dahulu.

Ketika ditemui disalah satu rumah tetangganya, Bunga menceritakan nasibnya kepada Pengacara Boy Roy Indra, SH yang didampingi politisi dari Partai PAN, Zulkifli Rahman, Selasa (29/08/2018) kemarin.

Bunga bercerita, ia hanya satu orang bersaudara. Kedua orang tuanya meninggal ketika ia masih sekolah tingkat SLTP, ibunya meninggal 5 tahun yang lalu dan ayahnya 4 tahun yang lalu.

Setelah orang tua meninggal, ia tinggal bersama saudara orang tuanya, awal menjalani hidup bersama keluarga itu, ia baik-baik saja. Namun ia jelaskan, terkadang ia sedih ketika akan makan sambal untuknya dibedakan dari tempat lain.

"Ketika akan makan, sambal saya dibedakan tempatnya", sebut Bunga dengan nada sedih, seolah-olah akan meneteskan air mata.

Bunga sampaikan, dahulu orang tuanya memberikan surat wasiat kepada keluarga itu, agar nanti setelah ia (Bunga) berusia dewasa berumur 18 tahun, keluarga tersebut menyerahkan seluruh harta peninggalan orang tua Bunga kepada Bunga, termasuk 1 unit warung dan 1 unit rumah hasil pembelian orang tua Bunga tersebut.

Namun hal yang tidak ia inginkan terjadi, menjelang umurnya mencapai 17 tahun yaitu awal ia duduk dikelas 3 SMA kemarin, rumah peninggalan itu dirampas keluarga tersebut, ia tidak boleh tinggal disana. Apalah daya, ia terpaksa menuruti khendak keluarga itu, dan akhirnya ia tinggal sebatang kara di warung peninggalan orang tuanya.

"Sejak awal kelas 3 SMA kemarin, saya tinggal sendirian diwarung peninggalan orang tua saya, makan sendiri dan tidur sendiri. Tempat memasak diwarung itu baru dibuat", ungkapnya. 

Mendengar ungkapan Bunga itu, Pengacara Boy Roy Indra, SH, politisi PAN Zulkifli Rahman dan awak media sedih mendengar curhatan Bunga tersebut.

Anak Gadis (Bunga) yang bercita - cita hapal 30 Juz Al-qur'an ini, disekolah juga mendapat nilai 5 besar, walau setiap harinya ia jalan kaki sepanjang 2 KM untuk menuju sekolah menuntut ilmu.

Bunga mengatakan, baru-baru ini ketua Baznas Pasaman, telah mengunjungi tempatnya dan berjanji akan memberikan bantuan untuknya.

Lebih jauh ia ceritakan, biaya peninggalan orang tuanya tidak berapa banyak lagi, sehingga ia takut tidak bisa melanjutkan pendidikan, padahal ia katakan, ia sangat berkeinginan menggapai cita-citanya, seperti anak - anak yang lain.

Menanggapi hal ini, pengacara Boy Roy Indra, mengatakan, ia akan memberikan bantuan hukum secara cuma-cuma (gratis) kepada anak itu. Namun ia berharap peran serta KAN dan Ninik Mamak setempat, sebab katanya, permasalah itu akan terkendala bila KAN dan Ninik Mamak tidak ikut serta menyelesaikannya.

(Darlin)

Post a Comment

Suara Pembaharu

{picture#https://lh3.googleusercontent.com/-KxCpQnd7tqI/AAAAAAAAAAI/AAAAAAAAAJk/t239p-tSaZY/s120-c/photo.jpg} Media Online, Suara Pembaharu. Menyajikan Informasi Aktual & Terpercaya. {facebook#http://facebook.com} {twitter#http://twitter.com} {google#http://google.com} {youtube#http://youtube.com} {instagram#http://instagram.com}
Powered by Blogger.