Suara Pembaharu ideas 2018

Sangihe, suarapembaharu.com - Memperingati  HUT ke 73 Republik Indonesia (RI) Jumat (17/8/2018), Rutan Tahuna menggelar upacara Remisi umum bagi para Nara Pidana (Napi).



Dalam pelaksanaan upacara tersebut Bertindak sebagai Inspektur Upacara (Irup) Bupati Kepulauan Sangihe Jabes Ezar Gaghana SE ME, sekaligus membacakan sambutan Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia (HAM) RI Yasona Laloy. Dia menjelaskan, pada hari yang bahagia ini kita masih mendapatkan kesempatan untuk menghadiri dan mengikuti upacara memperingati Hari Ulang Tahun (HUT) ke 73 RI yang sekaligus dirangkaikan dengan pemberian remisi bagi Napi.

"Proklamasi kemerdekaan 17 Agustus tahun 1945 merupakan puncak penggerakan kemerdekaan bangsa Indonesia. Kemerdekaan yang diraih tersebut adalah jembatan untuk memakmurkan seluruh rakyat Indonesia," kata Gaghana.

"Penegakan keadilan pada semua lapisan untuk kemajuan bersama pada setiap tantangan, sebagai anak bangsa kita semua harus bekerja keras penuh semangat dalam mengisi kemerdekaan," sambungnya.

Semangat untuk mengisi kemerdekaan dijelaskan Bupati,  tentu harus menjadi segenap lapisan masyarakat tidak terkecuali warga binaan kemasyarakatan, meskipun secara hukum mereka dirampas kemerdekaanya, namum itu hanya kemerdekaan titik semata.

"Karena sesuguhnya mereka memiliki kemerdekaan untuk terus berkarya. Hal ini dibuktikan dengan beberapa kegiatan yang dilakukan oleh para nara pidana, diantaranya pengapdian terhadap masyarakat. Mereka melakukan pembangunan fasilitas umum di senagap implementasi dari pembinaan yang telah merek dapatkan," tukasnya.

Ditambahkanya, Pemerintah memberikan apresiasi terhadap warga binaan kemasyarakat yang telah mengikuti pembinaan dengan baik melalui remisi.

"Remisi merupakan salah satu sarana hukum yang penting dalam mewujudkan tujuan sistem kemasyarakatan, remisi diberikan sebagai bentuk apresiasi pencapaian, perbaikan diri yang tercermin dari sikap binaan yang taat," pungkas Gaghana.

Turut dihadiri Asisten I Drs Dirgahayu Mandiangan, Kepala LP Kelas III B Tahuna Alfonsus W Adrianto, Danlanal Tahuna yang diwakili Dandem Pomal Lanal Tahuna Mayor Laut (PM) Hendratmo B Wibowo, Kajari Tahuna M Irwan Datuinding SH MH, Kaban Kesbangpol Dany Mandak, Tokoh Agama." tutupnya.

(ReynaldiTulong)

Post a Comment

Suara Pembaharu

{picture#https://lh3.googleusercontent.com/-KxCpQnd7tqI/AAAAAAAAAAI/AAAAAAAAAJk/t239p-tSaZY/s120-c/photo.jpg} Media Online, Suara Pembaharu. Menyajikan Informasi Aktual & Terpercaya. {facebook#http://facebook.com} {twitter#http://twitter.com} {google#http://google.com} {youtube#http://youtube.com} {instagram#http://instagram.com}
Powered by Blogger.