Suara Pembaharu ideas 2018

Gorontalo, suarapembaharu.com - Penyediaan Air Minum dan Sanitasi Berbasis Masyarakat (PAMSIMAS) Gorontalo gelar rapat koordinasi di Tahun anggaran 2018, Sabtu (15/09/2018) di Hotel Meranti.


Dalam rakor tersebut, peserta langsung menyentak semangat dalam membahas langka strategis pecapaian Terget berama dalam mewujudkan visi dan misi Pamsimas Universal akses air bersih untuk masyarakat indonesia.

Arfan E Nagariang selaku panitia menekankan, rakor ini bertujuan untuk memberikan pendamping yang berkualitas.

"Dengan menyusun target pencapaian sesuai dengan Work Plan pelaksanaan program Pamsimas guna mengawal percepatan pelakasanan, monitoring dan pelaporan," ujar Arfan.

Sementara itu, DPMU Pamsimas Provinsi Gorontalo, Iwan Setya Mokoginta dalam sambutannya menjelaskan bahwa, Program Pelaksanaan Pamsimas berhasil meningkatkan akses pelayanan air minum dan sanitasi.

"Serta peningkatan prilaku hidup bersih dan sehat melalui pendekatan Pemberdayaan, juga mampu meningkatkan parstisipasi masyarakat sebagai mitra strategis pemerintah dalam penyediaan air minum dan sanitasi ini dibuktikan dengan adanya  in-cash dan in-cand yang berasal dari masyarakat pemanfaat," jelasnya.

Program Pamsimas I dan II, kata Iwan, tahun 2008-2014, telah berhasil memberikan akses 30,76 % dari 354.342 jiwa dan akses Sanitasi 25,26% dari 295.110 jiwa  yang berlokasi di 5 Kabupaten Provinsi Gorontalo, untuk Pamsimas III 2016-2019, dimana secara nasional telah mencangkan peningkatan pencapaian Universal Akses 100% air minum dan sanitasi, untuk memenuhi target tersebut maka diadakan kolaborasi pembiayaan melalui Pamsimas, DAK, APBD,CSR serta lainnya.

"Juga melakukan intervensi bagi desa-desa baru dan desa Pasca yang tidak berfungsi sebagaimana fungsi baik untuk desa yang belum akses 100%.
DPMU Provinsi Gorontalo mengharapkan melalui Rapat Koordinasi kali ini, dapat mengidentifikasi permasalahan, selanjutnya menghasilkan rumusan Strategis  dalam pelaksanaan, monitoring dan pelaporan guna pencapaian target yang telah disepakati dan dicanangkan bersama," kata Iwan.

(YaserBaginda)

Post a Comment

Suara Pembaharu

{picture#https://lh3.googleusercontent.com/-KxCpQnd7tqI/AAAAAAAAAAI/AAAAAAAAAJk/t239p-tSaZY/s120-c/photo.jpg} Media Online, Suara Pembaharu. Menyajikan Informasi Aktual & Terpercaya. {facebook#http://facebook.com} {twitter#http://twitter.com} {google#http://google.com} {youtube#http://youtube.com} {instagram#http://instagram.com}
Powered by Blogger.