Suara Pembaharu ideas 2018

Sangihe, suarapmbaharu.com - Pembahasan alot langsung terjadi saat pembahasan perdana Kebijakkan Umum Plafon Prioritas Anggaran Sementara (KU-PPAS) APBD 2019 oleh Badan Anggaran DPRD bersama Tim Anggaran Pemkab Sangihe, Rabu (05/09) kemarin.


Hal itu diawali ketika Sekda Edwin Roring SE,ME menjelaskan adanya penganggaran bunga pinjaman Rp 170 miliyar pada dokumen KU-PPAS APBD 2019, namun langsung ditanggapi Wakil Ketua DPRD Risal Paul Makagansa dan Ketua Badan Kehormatan, Dolfoto Taramen. Dimana mereka mempertanyakan soal dasar hukum dianggarkannya bunga pinjaman Rp 170 miliyar padahal pinjaman dimaksud belum jelas pencairannya.

”Ini persoalan yang sangat dilematis bagi kami, dimana kita menggarkan sesuatu yang sama sekali tidak memiliki dasar hukum, karena sampai saat ini tidak pernah ada pinjaman daerah yang digunakan Kabupaten Kepulauan Sangihe. Mana bisa kita menggarkan bunga pinjamannya saja belum ada wujudnya,”tegas Makagansa yang di aminkan Taramen.

Di rapat itu Makagansa juga menegaskan soal pinjaman daerah ketika direalisasi dapat memberi peluang terjadi pelanggaran aturan yang notabene sejak awal telah dipermasalahkan.

"Jadi kami minta untuk penganggaran bunga pinjaman ini diteliti kembali,” tegasnya lagi.

Sementara Roring tak menepis adanya dilematis ketika menanggapi penegasan Makagansa, hanya saja menurutnya Eksekutif patut menganggarkan bunga pinjaman sebagai langkah antisipatif atas pinjaman Rp 170 miliyar yang masih berproses di Bank Sulut hingga batas waktu akhir September 2018.

”Nanti akan kita periksa kembali karena pinjaman masih berproses di Bank Sulut, sebab dianggarakannya bunga pinjaman sebagai bentuk
tanggung jawab dan langkah antisipatif ketika pinjaman itu dicairkan,” ungkap Roring.

Karena terjadi tarik menarik, Ketua DPRD Benhur Takasihaeng selaku pimpinan sidang langsung menawarkan rapat diskors kurang lebih satu
jam,  namun saat dibuka lagi, rapat kembali diskor hingga pukul 4 sore dengan alasan Tim Anggaran Pemkab Sangihe akan berkoordinasi secara internal.

(ReynaldiTulong)

Post a Comment

Suara Pembaharu

{picture#https://lh3.googleusercontent.com/-KxCpQnd7tqI/AAAAAAAAAAI/AAAAAAAAAJk/t239p-tSaZY/s120-c/photo.jpg} Media Online, Suara Pembaharu. Menyajikan Informasi Aktual & Terpercaya. {facebook#http://facebook.com} {twitter#http://twitter.com} {google#http://google.com} {youtube#http://youtube.com} {instagram#http://instagram.com}
Powered by Blogger.