Suara Pembaharu ideas 2018

Bitung, suarapembaharu.com - Anjloknya harga kopra hingga Rp. 6.000/Kg membuat nasib petani kelapa di Kota Bitung menjerit.


Hal tersebut disampaikan salah satu petani kelapa yang juga pengusaha, Denny Liemitang. Menurut Danny seharusnya pemerintah Provinsi Sulaweai Utara dan Pemkot Bitung untuk memberikan perhatian terhadap nasib petani kelapa.

"Seharusnya harga kopra kembali distabilkan. Karena ini sama dengan membunuh para petani kelapa," ungkapnya, Jumat (26/10/2018).

Harga kopra saat ini, kata Danny, sekitar Rp 6.000/Kg. Dengan harga serendah itu biaya operasional petani tidak mampu tertutupi.

"Operasional untuk panen kelapa itu untuk bayar biaya panjat saja sudah berkisar di harga 5000 per pohon, belum lagi dipotong harga lain seperti transportasi dari kebun ke lokasi penampungan dan ke pabrik," kata Danny.

Selain itu, Danny juga meminta kepada pihak pabrik di Bitung untuk lebih memprioritaskan kopra dari petani-petani lokal.

"Saat ini kopra dari luar pulau masuk dalam jumlah besar dan ini mengganggu pemasaran kopra lokal. Mohon pihak berkepentingan agar ini menjadi perhatian. Kalau bisa hentikan dulu kopra asal luar pulau masuk ke Bitung," tegasnya.

Saat dikonfirmasi terkait dengan anjloknya harga kopra hingga Rp. 6.000/Kg, Humas PT Agro Makmur Raya, Iswandi tak mau berkomentar lebih.

"Pak untuk pengaturan harga bukan kami yang tentukan, tapi dari pusat langsung dan terus terang harga kopra sekarang saya tidak tau," katanya.

Iswandi juga menambahkan, PT AMR sendri tidak perna membatasi dalam pembelian kopra kepada pengusaha dari luar mau pun lokal selama ini.

"Jika ada pihak-pihak yang ingin memberhentikan pasokan kopra dari luar daerah Sulut silakan menyurat resmi kepada pemerintah," pungkasnya.

Seperti diketahui, beberapa perusahaan pengolahan minyak kelapa yang ada di Kota Bitung menjadi tujuan pemasaran kopra asal luar daerah seperti Ternate dan sekitarnya.

(YaserBaginda)

Post a Comment

Suara Pembaharu

{picture#https://lh3.googleusercontent.com/-KxCpQnd7tqI/AAAAAAAAAAI/AAAAAAAAAJk/t239p-tSaZY/s120-c/photo.jpg} Media Online, Suara Pembaharu. Menyajikan Informasi Aktual & Terpercaya. {facebook#http://facebook.com} {twitter#http://twitter.com} {google#http://google.com} {youtube#http://youtube.com} {instagram#http://instagram.com}
Powered by Blogger.