Suara Pembaharu ideas 2018

Manado, suarapembaharu.com - DPRD Manado melalui panitia khusus (pansus) Perda ketertiban umum mulai melakukan pembahasan bersama Pemerintah Kota Manado dan jajaran SKPD terkait.


Salah satu poin dalam perda ini juga mengatur tentang tindakan asusila di kalangan umum masyarakat dalam kehidupan sehari-hari.

“Iya, sekarang yang kedapatan bermesran di tempat-tempat umum akan ditindak oleh Sat Pol PP. Ini sudah diatur dalam perda (Ketertiban umum).” kata Ketua Pansus perda ketertiban umum, Syarifudin Saafa, kepada wartawan di kantor DPRD Manado, Selasa (30/10/2018).

Dia juga menjelaskan bahwa Perda ini memang mengatur banyak bidang dalam kehidupan masyarakat sehari-hari termasuk tindakan-tindakan asusila.

“Memang tindakan asusila itu salah satu norma-norma kesopanan dalam bermasyarakat, tapi Sat Pol PP sebagai penegak perda tidak dapat menertibkan jika mereka temukan salah satu bentuk tindakan asusila. Contohnya, dulu kalau ada orang berciuman di tempat umum Pol PP tidak bisa berbuat apa-apa, sekarang melalui perda ini bisa bertindak,” jelas Saafa.

Selain itu Politisi PKS ini juga menjelaskan, Sat Pol PP sekarang sudah boleh menegakan para PSK yang melakukan tindakan prostitusi.

“Misalnya ada yang kedapatan melakukan prostitusi di hotel atau tempat-tempat hiburan, Sat Pol PP bersama para penegak lainnya boleh menindak kegiatan tersebut,” ujarnya.

Sementara itu, Perda ketertiban umum juga mengatur berbagai kegiatan sosial di ruang lingkup masyarakat seperti, lalu lintas, parkir sembarangan, pemeliharaan hewan, kebersihan sungai, dan berbagai jenis ketertiban lainnya.

Meski begitu, Saafa juga tak lupa untuk mengingatkan Pemerintah agar mengawal setiap perda yang dihasilkan.

“Intinya pemerintah harus mengawal perda ini. Jangan hanya aktif menciptakan perda tetapi harus aktif juga dalam penerapannya,” tegasnya.

(NanangNoholo)

Post a Comment

Suara Pembaharu

{picture#https://lh3.googleusercontent.com/-KxCpQnd7tqI/AAAAAAAAAAI/AAAAAAAAAJk/t239p-tSaZY/s120-c/photo.jpg} Media Online, Suara Pembaharu. Menyajikan Informasi Aktual & Terpercaya. {facebook#http://facebook.com} {twitter#http://twitter.com} {google#http://google.com} {youtube#http://youtube.com} {instagram#http://instagram.com}
Powered by Blogger.