Suara Pembaharu ideas 2018

Proses eksekusi.
Manado,Suarapembaharu.com - Sebanyak 7 unit rumah warga yang berada di Lingkungan VI Kelurahan Bailang, Kecamatan Bunaken Darat, Kota Manado, Selasa (6/11) di eksekusi pasca keluarnya surat putusan Pengadilan Negeri Manado yang disengketakan olah penggugat atas nama Samsia Maruf.

Adam Lamani, salah satu warga yang menjadi korban eksekusi mengatakan, kasus ini sudah berjalan sejak 2010 lalu. Bahkan dirinya mendapati sejumlah kejanggalan selama proses sengketa dan persidangan.

“Sejak awal kasus ini ada sudah banyak yang tidak beres. Dari awal tidak pernah ada yang datang mengaku sebagai pemilik lahan selain yang kami kenal. Tidak ada pemeriksaan patok batas, kami warga sangat kecewa dengan putusan pengadilan yang mana pihak pengadilan berpihak pada yang salah,” ujar Adam.

Adam Lamani saat diwawancarai awak media yang di dampingi warga.
Apalagi dirinya sempat diajak bekerjasama dengan pihak penunjuk batas untuk mengikuti keinginan dari penggugat.

"Setelah mengikuti mereka, Saya mendapati peta sertifikat tersebut, namun saya mundur karena itu sudah jelas salah. Lebih baik saya mati dalam kebenaran daripada bekerjasama dalam kejahatan," tegasnya.
Karena saat peta sertifikatnya dicocokkan pada sertifikat yang disengketakan, lokasi yang dieksekusi tidaklah sama.

"Mereka tidak mendapati patok patok yang dimaksud. Beda antara sertifikat disitu dan punya kami. Yang milik penggugat itu SHM nomor 35 tapi yang dieksekusi nomor 36. Ini kan sudah jelas salah," lanjutnya.

Korban eksekusi lahan pun mempertanyakan keadilan yang dimaksud sesuai hukum di Indonesia berpihak kepada siapa.

"Banyak oknum yang terlibat dalam kasus ini. Dan kami sebagai rakyat kecil yang jadi korban. Bahkan sampai saat ini kami masih bayar pajak. Jadi keadilan itu untuk siapa. Kami tetap menolak putusan persidangan itu," tegas Adam Lamani.


Pantauan Suarapembaharu.com, situasi sempat memanas saat petugas gabungan mengawal pembacaan putusan eksekusi oleh juru pengadilan.(tsir)

Post a Comment

Suara Pembaharu

{picture#https://lh3.googleusercontent.com/-KxCpQnd7tqI/AAAAAAAAAAI/AAAAAAAAAJk/t239p-tSaZY/s120-c/photo.jpg} Media Online, Suara Pembaharu. Menyajikan Informasi Aktual & Terpercaya. {facebook#http://facebook.com} {twitter#http://twitter.com} {google#http://google.com} {youtube#http://youtube.com} {instagram#http://instagram.com}
Powered by Blogger.