Suara Pembaharu ideas 2018

Talaud, suarapembaharu.com - Virus Human Immunodeficiency Virus (HIV) Acquired Immuno Deficiency Syndrome) (AIDS) menjadi momok menakutkan bagi masyarakat Indonesia,  Tak terkecuali Kabupaten Talaud. Pasalnya, hingga November 2018 Dinas Kesehatan (Dunked) Kabupaten Kepulauan Talaud mendeteksi ada 60 kasus penderita penyakit mematikan ini. 


Karenanya, warga Talaud patut waspada dikarenakan virus yang hingga kini belum dapat diobati ini berada pada tren naik. Setiap tahunnya 8 hingga 12 penderita terdata. 

"Setiap tahun kami Dinkes mendapati 8 hingga 12 kasus baru. Angka penderita selalu naik setiap tahunnya," ujar Plt. Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Talaud Jurry Jawali saat ditemui Wartawan  ini Kamis (22/11/2018)  

Dikatakannya, 60 penderita yang terdata hingga November 2018 merupakan keseluruhan kasus yang dapat di data. 

"Dalam sistem pendataan lebih menghimbau kepada yang berisiko itu disarankan memeriksakan diri, kalau ada yang tidak mau tugas kami tetap mengawasi," tambahnya. 

Mengantisipasi penyebaran virus ini, Jurry mengatakan peran individu sangat penting, dalam artian setiap masyarakat memegang peran penting dalam menentukan pilihan hidup, bagi yang berkeluarga tetap setia pada pasangannya.

"Kami lakukan promosi kesehatan. Sosialisasi di Puskesmas-puskesmas dan sekolah-sekolah. Pihak puskesmas juga turun memberi edukasi tentang bahaya seks pra-nikah dan seks usia dini. Diedukasi terkait penggunaan alat kontrasepsi seperti kondom, tidak mengganti-ganti pasangan dalam berhubungan dan lainnya. Kami berusaha memberikan pemahaman terkait bahaya virus HIV/AIDS," tandasnya.

(IventMamentiwalo)

Post a Comment

Suara Pembaharu

{picture#https://lh3.googleusercontent.com/-KxCpQnd7tqI/AAAAAAAAAAI/AAAAAAAAAJk/t239p-tSaZY/s120-c/photo.jpg} Media Online, Suara Pembaharu. Menyajikan Informasi Aktual & Terpercaya. {facebook#http://facebook.com} {twitter#http://twitter.com} {google#http://google.com} {youtube#http://youtube.com} {instagram#http://instagram.com}
Powered by Blogger.