Suara Pembaharu ideas 2018

Bolmut, suarapembaharu.com - Kepala Dinas Komunikasi Informatika Dan Persandian Kabupaten Bolaang Mongondow Utara Rachmat. R. Pontoh, menyampaikan evaluasi kinerja 2018 serta  program penyelenggaraan e-Government  tahun 2019 merupakan  salah  satu  prioritas  pembangunan di Kabupaten Bolaang Mongondow Utara, yang bertujuan untuk  mewujudkan  tata  kelola pemerintahan yang baik dan bersih _(Good Government And Clean Governance), Senin (26/11/2018).



"Ada beberapa faktor yang berperan penting dalam mensukseskan  penyelenggaraan e-Government  yakni  ketersediaan sumber daya  manusia, kelembagaan, infrastruktur  serta  regulasi  yang komprehensif. Selain itu, diperlukan juga kerjasama dengan lembaga lain yang memiliki kapabilitas dan kredibilitas di bidang teknologi komunikasi dan informasi agar  e-Government terlaksana  secara lebih efektif dan efisien," ungkap Pontoh.

Sebagai lembaga pemerintah daerah yang mengkoordinir pengembangan Teknologi Informatika, Dinas Komunikasi Informatika dan Persandian Kabupaten Bolaang Mongondow Utara bertugas untuk melakukan pengelolaan E-Government dilingkup pemerintah daerah berkewajiban untuk menunjang Visi Dan Misi Pemerintah Daerah Kabupaten Bolmut dalam kepemimpinan Bupati Depri Pontoh dan Wabup Amin Lasena, sebagaimana telah dirumuskan dalam konsep Rencana Stategi Pemerintah Daerah Tahun 2019-2023.

"Konsep rencana starategis yang dimaksud dengan Tujuh Kebijakan (Sapta Wibisana) sebagai strategi implementasi kebijakan yaitu, Meningkatkan profesionalisme dan manajemen pemerintahan dengan mendorong penerapan teknologi informasi dalam menunjang kerja- kerja pemerintahan” katanya.

Konsep strategi kebijakan yang telah disusun Pemerintah Daerah Kabupaten Bolaang Mongondow Utara bersama Balai Pengembangan Sumber Daya Manusia Dan Penelitian (KOMINFO) Manado berupa Dokumen Rencana Induk Pengembangan Teknologi Informatika (RITIK) sebagai blue print pengembangan E-Government di Kabupaten Bolaang Mongondow Utara yang memiliki substansi analisa strategi kebijakan pengembangan TIK untuk memperkuat Tata Kelola E-Government melalui peningkatan keselarasan peran dan fungsi kelembagaan dalam merumuskan Program dan Kegiatan Organisasi.

"Mencermati kondisi yang ada diperhadapkan dengan persoalan klasik yang hampir terjadi disemua daerah bahwa pelaksanaan E-Government belum terarah dan terkoordinasi dengan baik dimana perangkat daerah mengusahakan pengembangan sistim informasi secara sendiri-sendiri dalam membantu pelaksanaan tugasnya, disisi lain implementasi e-government didaerah masih menghadapi berbagai masalah terkait kebijakan, kelembagaan, aplikasi, infrastruktur dan perencanaan, ketersediaan anggaran. Sedangkan kondisi didaerah sangat beragam sesuai dengan keunggulan, karakter geografis, kondisi sosial dan sebagainya yang menyebabkan proses implementasi harus disesuaikan," beber Pontoh.

Pontoh menambahkan, dalam memahami kondisi tersebut diharapkan dengan adanya strategi kebijakan pengembangan TIK  melalui dokumen RITIK ini implementasi E-Government oleh pemerintah daerah nantinya akan memiliki arah kebijakan yang jelas dalam pengembangan TIK dan mendorong percepatan terselenggaranya Sistim Pemerintahan Berbasis Elektronik dengan indikator tersedianya layanan pemerintahan berbasis TIK,  kemudahan dlm mengakses informasi publik, dukungan anggaran yang cukup dan sumber daya TIK yang memadai.

"Tahun 2019 kami akan segera melakukan pengembangan E-Government di Kabupaten Bolaang Mongondow Utara dengan berkonsentrasi pada implementasi E-Planing dan E-Budgeting sebagai wujud nyata pelaksanaan Perpres  nomor :95 tahun 2018 Tentang Pelaksanaan Pemerintahan Berbasis Elektronik," pungkasnya.

(FadlyBuyung)

Post a Comment

Suara Pembaharu

{picture#https://lh3.googleusercontent.com/-KxCpQnd7tqI/AAAAAAAAAAI/AAAAAAAAAJk/t239p-tSaZY/s120-c/photo.jpg} Media Online, Suara Pembaharu. Menyajikan Informasi Aktual & Terpercaya. {facebook#http://facebook.com} {twitter#http://twitter.com} {google#http://google.com} {youtube#http://youtube.com} {instagram#http://instagram.com}
Powered by Blogger.