Suara Pembaharu ideas 2018

Proses pemilihan Ketua OSIS dan MPK MAN Model 1 Manado menggunakan E-Voting.
Manado,Suarapembaharu.com - Pemilihan ketua OSIS dan MPK di Madrasah Aliyah Negeri (MAN) Model 1 Manado tahun ini terasa berbeda. Pemilihan ketua OSIS dan MPK masa bakti 2019-2020 itu menggunakan sistem pemilihan berbasis teknologi. E-Voting dilaksanakan di panggung utama MAN Model 1 Manado, Rabu (28/11/2018).

Pemilihan Ketua OSIS ini ada empat calon, yakni Jufri Takatelide, Indah Paransa, Silfina Pakaya dan Dimas Aryo Saputra. Sedangkang dua calon ketua MPK yakni Hidayar Langaru dan Nadilla Safira Murdas.

Mereka tertampil di pilihan nama Calon Ketua OSIS dan MPK di akun aplikasi berbasis internet.

"Ini merupakan gagasan dan keberanian yang membanggakan. Karena aplikasi tersebut dibuat oleh para siswa-siswa yang menjadi panitia dalam pemilihan pengurus OSIS dan MPK," kata Kepala MAN Model 1 Manado H. Syarif Afiat Salim Raya S.Ag M.M saat diwawancarai diruang kerjanya.

Kepala MAN Model 1 Manado, H. Syarif Afiat Salim Raya S.Ag M.M saat menyaksikan proses pemilihan.

Dirinya menambahkan, pemilihan ketua OSIS dan MPK melalui sistem e-voting, bukanlah tanpa alasan.

"Ini saatnya untuk lebih terbuka dan transparan. Selain mengurangi penggunaan kertas agar tidak menyebabkan sampah dan ramah lingkungan. Ini juga sebagai aplikasi pembelajaran IT," ujarnya.

Ia menjelaskan, sistem baru inipun lebih menggugah minat dan semangat siswa untuk berkontribusi dalam pemilu. Selain itu pemilihan online ini merupakan langkah awal dari seluruh siswa agar supaya yang nantinya akan melakukan ujian nasional berbasis komputer sudah terbiasa.

"Dengan adanya pemilihan e-voting ini, ada hal baru yang mereka rasakan dan pengalaman baru yang tidak akan mereka lupakan. Apalagi sistem pemilihan ketua OSIS dan MPK berbasis e-voting ini baru pertama kali dilaksanakan di Manado. Dan yang pertama kali menyelanggarakan adalah MAN Model 1 Manado," jelasnya.

Kepala MAN Model 1 Manado H. Syarif Afiat Salim Raya S.Ag M.M.
Ia mengemukakan, antusiasme siswa untuk mengikuti pemilihan ketua OSIS dan MPK baru ini terlihat semenjak musyawarah besar OSIS, waktu memaparkan visi dan misi dari setiap kandidat memantul menjadi gaung ide-ide brilian dan program-program bagus yang diusung para kandidat.

Sampai berita ini diturunkan, proses pemilihan berbasis online ini masi berlangsung. Diketahui jumlah pemilih dalam pemilihan ketua OSIS dan MPK ini berjumlah 1.471 siswa.(tsir)

Post a Comment

Suara Pembaharu

{picture#https://lh3.googleusercontent.com/-KxCpQnd7tqI/AAAAAAAAAAI/AAAAAAAAAJk/t239p-tSaZY/s120-c/photo.jpg} Media Online, Suara Pembaharu. Menyajikan Informasi Aktual & Terpercaya. {facebook#http://facebook.com} {twitter#http://twitter.com} {google#http://google.com} {youtube#http://youtube.com} {instagram#http://instagram.com}
Powered by Blogger.