Suara Pembaharu ideas 2018

Makassar, suarapembaharu.com - Sekolah Dasar Islam Terpadu (SDIT) Insantama Makasar kembali menggelar agenda Insantama Market Day (IMD), Kamis (22/11/2018), yang  dirangkaikan dengan aneka lomba Islami.


Kegiatan ini merupakan salah satu program unggulan SDIT Insantama yang dilaksanakan setiap semester dengan tujuan mengajarkan anak secara langsung transaksi jual beli yang sesuai dengan Syariat Islam.

Suasana hiruk pikuk penjual dan pembeli di acara Insantama Market Day ini tak kalah ramai dari pasar sesungguhnya.

Bedanya adalah para pedangannya adalah pedagang cilik yang siap beraksi berjualan dengan jujur dan menjual dagangan yang halal dan toyyib.

Seluruh siswa SDIT Insantama terlibat tanpa terkecuali, ada sebagai pembeli dan sebagian lagi penjual. Mereka dibagi dalam beberapa kelompok dengan didampingi oleh guru pembimbing masing-masing.

Kepala SDIT Insantama Makassar, Asriyani mengatakan IMD digelar sebagai wahana entrepreneur sejak dini, dengan prinsip untung, halal dan berkah.

"Pasarnya dengan konsep kejujuran dalam berdagang, ditambah adanya qodi atau hakim yang menjadi wadah menyelesaikan permasalahan yang terjadi di pasar," ungkapnya.

Kegiatan ini juga, kata Asriyani, melatih siswa untuk lebih teliti, jujur dan menggunakan uang yang dimiliki secara cerdas.

"IMD ini merupakan langkah nyata dari pihak sekolah untuk membuktikan bahwa ilmu bukan sekedar teori tetapi berlatih dan praktek hingga terwujud sebuah kondisi jual-beli (mu’amalah) yang Islami, menjadi pengusaha yang Islami dan sekaligus bersikap menjadi pembeli yang Islami," pungkasnya.

(AndreowReza)

Post a Comment

Suara Pembaharu

{picture#https://lh3.googleusercontent.com/-KxCpQnd7tqI/AAAAAAAAAAI/AAAAAAAAAJk/t239p-tSaZY/s120-c/photo.jpg} Media Online, Suara Pembaharu. Menyajikan Informasi Aktual & Terpercaya. {facebook#http://facebook.com} {twitter#http://twitter.com} {google#http://google.com} {youtube#http://youtube.com} {instagram#http://instagram.com}
Powered by Blogger.