Suara Pembaharu ideas 2018

Kepala BI Sulut Soekowardojo bersama Wali Kota Manado menyerahkan bantuan berupa beras dan telur secara langsung kepada perwakilan Keluarga Penerima Manfaat (KPM) di dua kecamatan dalam acara launching BPNT.

Suarapembaharu.com - Kepala Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Sulawesi Utara, Soekowardojo bersama Wali Kota Manado GS Vicky Lumentut, Wakil Wali Kota Manado Mor Bastiaan, Ketua Tim Penggerak PKK Kota Manado dan Kepala Dinas Sosial dan Pemberdayaan Masyarakat Kota Manado, Rabu (19/12) secara resmi me-launching Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT) di Kota Manado.

Acara yang berlangsung di Aula Politeknik Negeri Manado juga dilakukan dengan menyerahkan bantuan berupa beras dan telur secara langsung kepada perwakilan Keluarga Penerima Manfaat (KPM) di dua kecamatan.

"Penyaluran BPNT merupakan tindak lanjut komitmen pemerintah dalam pengimplementasian bantuan sosial secara non tunai," ujar Kepala BI Sulut Soekowardojo.

Ia menjelaskan, BPNT sendiri merupakan bantuan pangan dan pemerintah yang disalurkan melalui Kartu Keluarga Sejahtera (KKS) yaitu kartu kombo yang dapat digunakan sebagai akun rekening bank dan sebagai uang elektronik. 

Upaya ini akan menjadi fondasi bagi perluasan jangkauan layanan jasa keuangan dengan memanfaatkan metode distribusi alternatif.

"Bantuan yang disalurkan melalui KKS ini berjumlah Rp 110.000 per bulan dan digunakan hanya untuk membeli pangan yaitu beras dan telur di e-Warong KUBE PKH/pedagang bahan pangan yang bekerja sama dengan Bank HIMBARA," jelasnya.

Di Manado sendiri, Bank penyalur BPNT adalah Bank BRI. Bank Indonesia sebagai anggota Tim Pengendali BPNT mendukung kebijakan pemerintah mengenai penyaluran bantuan sosial non tunai yang juga selaras dengan salah satu pilar Strategi Nasional
Keuangan Inklusif (SNKI) yaitu pelayanan keuangan pada sektor pemerintah dan menjadi salah satu Program Strategis Bank Indonesia pada tahun 2018.

"Bank Indonesia secara rutin melakukan monitoring penyaluran bantuan sosial non tunai yang hasilnya kemudian disampaikan kepada Kementerian Sosial Republik Indonesia," kata Soekowardojo.

Sementara itu, Wali Kota Manado, GS Vicky Lumentut, dalam sambutanya mengajak masyarakat untuk memanfaatkan bantuan yang diberikan secara cerdas.

"Dengan membeli beras dan telur menggunakan KKS sesuai dengan kebutuhan keluarga masing-masing. BPNT ini diharapkan bisa membantu meringankan beban masyarakat dalam pemenuhan kebutuhan pangan KPM di Kota Manado," ujar Lumentut.(mudatsir)

Post a Comment

Suara Pembaharu

{picture#https://lh3.googleusercontent.com/-KxCpQnd7tqI/AAAAAAAAAAI/AAAAAAAAAJk/t239p-tSaZY/s120-c/photo.jpg} Media Online, Suara Pembaharu. Menyajikan Informasi Aktual & Terpercaya. {facebook#http://facebook.com} {twitter#http://twitter.com} {google#http://google.com} {youtube#http://youtube.com} {instagram#http://instagram.com}
Powered by Blogger.