Suara Pembaharu ideas 2018

Talaud, suarapembaharu.com - Bertempat di Mako Lanal Melonguane, Jalan Kapten PM Santoso Desa Mala Timur Kabupaten Kepulauan Talaud, Kamis (13/12/ 2018), dilaksanakan Upacara Memperingati Hari Nusantara Tahun 2018.



Sedikitnya Tiga platon Anggota TNL AL yang terdiri dari 1 Platon anggota Tamtama, Bintara dan perwira, ikut dalam Upacara Tersebut .

Mayor Laut (KH) Ramadhan, yang berlaku sebagai Inspektur Upacara, yang mewakili Danlanal Melonguane Letkol Marinir Augustinus Purba, melakukan penghormatan dengan mengheningkan cipta untuk mengenag jasa para pahlawan yang telah gugur mendahului kita .

Dalam kesempatan ini Inspektur Upacara Mayor Laut (KH) Ramadhan, membacakan Deklarasi Joeanda dengan mengambil tema Perwujudan Kesatuan Nusantara Yang Utuh Melalui Deklarasi Juanda.

Adapun isi dari DEKLARASI DJOEANDA sebagai berikut; Dimana Kabinet Perdana menteri Republik Indonesia Jakarta, pengumuman pemerintah mengenai wilayah perairan Negara Indonesia.
Dewan menteri, dalam sidangnya pada hari jumat tanggal 13 Desember 1957 membicarakan soal wilayah perairan Republik Indonesia.

Bentuk Geografi Indonesia sebagai suatu negara kepulauan yang terdiri dari (beribu-ribu) pulau mempunyai sifat dan corak tersendiri, bagi keutuhan teritorial dan untuk melindungi kekayaan negara Indonesia semua kepulauan serta laut terletak diantaranya harus dianggap sebagai suatu kesatuan yang bulat. Penentuan batas lautan teritorial seperti termaktub dalam "Territoriale Zee En Maritime Kringen Ordonantie 1939" STBL 1939 No 442 Artikel 1 Ayat (1) tidak lagi sesuai dengan pertimbangan-pertimbangan tersebut diatas, karena membagi wilayah daratan indonesia dalam bagian-bagian terpisah dengan teritorialnya sendiri-sendiri. Berdasarkan pertimbangan-pertimbangan itu maka pemerintah menyatakan bahwa "Segala Perairan Disekitar, Diantaranya dan Yang Menghubungkan Pulau-Pulau Atau Bagian Pulau-Pulau Yang Termasuk Daratan Negara Republik Indonesia, Dengan Tidak Memandang Luas Atau Lebarnya Adalah Bagian-Bagian Yang Wajar Daripada Wilayah Daratan Negara Republik Indonesia Dan Dengan Demikian Merupakan Bagian Daripada Perairan Nasional Yang Berada Dibawah Kedaulatan Mutlak Daripada Negara Republik Indonesia, Lalu Lintas Yang Damai di Perairan Pedalaman ini Bagi Kapal Kapal Asing Dijamin Selama dan Sekedar Tidak Bertentangan Dengan/Mengganggu Kedaulatan dan Keselamatan Negara Indonesia". Penentuan batas lautan territorial (yang lebarnya 12 mil) diukur dari garis yang menghubungkan titik-titik ujung terluar pada pulau-pulau negara indonesia. Ketentuan-ketentuan tersebut diatas akan diatur selekas-lekasnya dengan Undang-Undang. Pendirian pemerintah tersebut akan diperhatikan dalam konferensi mengenai hak-hak atas kelautan yang akan diadakan dalam bulan Pebruari 1958 di Jenewa.

Selain membacakan Deklarasi Djoeanda, surat dari mendagri juga di bacakan oleh inspektur upacara . dalam surat mendagri yang berisikan , dalam rangka memperingati hari Nusantara tahun 2018 yang dilaksanakan hari ini, tidak terlepas dari perjuangan bangsa indonesia untuk mewujudkan negara kesatuan republik indonesia sebagai negara kepulauan.

Pada tanggal 10 Desember 1982 melalui konvensi PBB tentang hukum laut, dan indonesia telah meratifikasinya dengan UU nomor 17 tahun 1985, selanjutnya Unclos resmi berlaku pada tahun 1994 atas dasar inilah negara indonesia memandang laut sebagai jati diri bangsa serta laut sekaligus merupakan pemersatu dan perekat bangsa. Dengan perayaan hari Nusantara kita jadikan momentum dalam mempertebal semangat kebangsaan, persatuan dan kebersamaan di tengah kebhinekaan untuk tetap melaksanakan pembangunan nusantara, meningkatkan kerjasama dalam pengelolaan wilayah laut dan wilayah perbatasan.

(Ive)

Post a Comment

Suara Pembaharu

{picture#https://lh3.googleusercontent.com/-KxCpQnd7tqI/AAAAAAAAAAI/AAAAAAAAAJk/t239p-tSaZY/s120-c/photo.jpg} Media Online, Suara Pembaharu. Menyajikan Informasi Aktual & Terpercaya. {facebook#http://facebook.com} {twitter#http://twitter.com} {google#http://google.com} {youtube#http://youtube.com} {instagram#http://instagram.com}
Powered by Blogger.