Suara Pembaharu ideas 2018

Upacara penutupan perkemahan krida saka wira kartika Koramil 1309-01/Molas di pinggir pantai karangria.
Suarapembaharu.com - Semangat masih terpancar di wajah para Praja Muda Karana (Pramuka) meski lelah telah mengikuti perkemahan Krida Saka Wira Kartika Koramil 1309-01/Molas di Bumi Perkemahan Pandu, Kelurahan Pandu, Kecamatan Bunaken, Kota Manado selama tiga hari.

Dengan semangat kebersamaan, itulah yang membuat para siswa-siswi masih merasa bersemangat, meski beberapa hari sebelumnya, 45 pramuka dari berbagai Sekolah tersebut mengikuti penggodokan oleh para Instruktur dan pembinanya.

Sebanyak 45 anggota pramuka saka wira kartika Koramil 1309-01/Molas yang telah berhasil mengikuti pelatihan serta pendidikan di bumi perkemahan akhirnya mendapatkan penyamatan bets krida dalam upacara yang digelar di Pinggir Pantai Karangria, Tuminting. Penyamatan bets tersebut dilakukan di bawah teriknya matahari dan deru angin pantai.

Kapten Arh Kakunsi saat melepaskan alat peraga krida serta menyematkan bets krida kepada anggota saka wira kartika Koramil 1309-01/Molas.
Dalam upacara tersebut juga dilakukan pengembalian alat peraga dari masing-masing krida kepada Mabisaka selama mengikuti perkemahan.

Upacara yang dipimpin Majelis Pembimbing Saka (Mabisaka) Wira Kartika Koramil 1309-01/Molas, Kapten Arh Kakunsi tersebut berlangsung khidmat.

"Penyamatan bets krida ini merupakan bentuk tradisi Saka Wira Kartika Koramil 1309-01/Molas sebagai implemetasi pembinaan yang memiliki aspek kultural dan sebagai momentum penting serta memiliki nilai historis bagi semua anggota pramuka saka wira kartika," kata Kapten Kakunsi, dalam amanatnya, Minggu (13/1/2019) siang.

Prosesi upacara.
Lanjut Kakunsi, sapaan akrab Mabisaka Wira Kartika Koramil 01/Molas, kegiatan ini sebagai salah satu upaya menjadikan Pramuka khususnya Saka Wira Kartika sebagai wadah untuk membentuk karakter generasi penerus bangsa.

"Perkemahan krida saka wira kartika ini memiliki makna penting untuk melatih anggota generasi muda menjadi mandiri, memiliki karakter, kedisiplinan yang baik serta mampu bekerja sama dalam setiap aktivitasnya sehingga bisa membawa sesuatu yang bermakna bagi semua yang terlibat didalamnya serta percaya bahwa masa depan anak-anak yang terlibat dalam gerakan pramuka akan cemerlang," ujar Kakunsi.
Anggota Pramuka Saka Wira Kartika Koramil 1309-01/Molas saat melakukan perjalanan menuju lokasi upacara penutupan.
Dirinya mengaku bangga terhadap semangat yang dimiliki oleh para pramuka saka wira katika juga pembinanya.

"Diharapkan, peserta dapat menerapkan dan mengamalkan dalam kehidupan sehari-hari setiap materi yang diperoleh dalam kegiatan ini, jadikan pengalaman dan bagikan pengalaman itu kepada semua sahabat atau dimanapun anda berada," pungkas Mabisaka Wira Kartika Koramil 1309-01/Molas, Kapten Kakunsi.

Sebelum upacara penutupan, para anggota saka wira kartika menempuh perjalanan sejauh kurang lebih 5 Km dari lokasi perkemahan ke lokasi acara penutupan.(tsir)

Post a Comment

Suara Pembaharu

{picture#https://lh3.googleusercontent.com/-KxCpQnd7tqI/AAAAAAAAAAI/AAAAAAAAAJk/t239p-tSaZY/s120-c/photo.jpg} Media Online, Suara Pembaharu. Menyajikan Informasi Aktual & Terpercaya. {facebook#http://facebook.com} {twitter#http://twitter.com} {google#http://google.com} {youtube#http://youtube.com} {instagram#http://instagram.com}
Powered by Blogger.