Suara Pembaharu ideas 2018

Bolmut, suarapembaharu.com - Hutan merupakan salah satu penyangga penting bagi kelestarian lingkungan di Kabupaten Bolaang Mongondow Utara (Bolmut), sayangnya dalam beberapa tahun terakhir ini eksploitasi hutan secara berlebihan membuat Bolmut seperti tidak siap saat menghadapi musim penghujan dengan intensitas sedang atapun tinggi.



Bencana banjir yang menjadi langganan setiap tahunnya makin bertambah parah. Bagaimana tidak, memasuki awal tahun 2019 Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Bolmut mencatat, di Kecamatan Bintauna terdapat 183 rumah dan di Kecamatan Bolangitang Timur sebanyak 480 rumah yang terendam banjir. Olehnya, bencana banjir ini seharusnya menjadi perhatian bagi pemerintah daerah, bahwa ada kesalahan dalam pengelolaan lingkungan yang telah terjadi. Apalagi adanya penggundulan hutan yang terus menerus dilakukan oleh PT Huma Sulut Lestari, selaku perusahaan yang memiliki izin Hak Pengelolaan Hutan (HPH). Ini  tentu akan berdampak buruk dikemudian hari.

Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Bolmut Irma Ginoga, saat ditemui awak media suarapembaharu.com di ruang kerjanya, Selasa (22/1/2019) mengatakan, HPH yang dikantongi PT Huma Sulut Lestari merupakan kewenangan Pemerintah Provinsi, dalam hal ini dinas terkait.

“DLH Kabupaten Bolmut bertindak sebagai fungsi kontroler. Di mana, kami melakukan pemantauan dan meninjau secara langsung kegiatan perusahan yang bersangkutan, dan setiap enam bulan sekali pihak perusahaan rutin melaporkan setiap kegiatan mereka,” jelas Irma.

“Laporan masyarakat, seperti dugaan adanya keterlibatan HPH dalam kerusakan lingkungan akan menjadi bahan evaluasi, yang kemudian akan ditindaklanjuti dan dilaporkan kepada pimpinan daerah, dalam hal ini Bupati Bolmut,” sambungnya.

Pun demikian, lanjut Irma, di DLH masih sangat minim Sumber Daya Manusia (SDM) yang berhubungan dengan disiplin ilmu kehutanan,.

“Sehingga, teman-teman dituntut untuk mampu menyesuaikan dengan segala kondisi,” pungkasnya. (FAD)

Post a Comment

Suara Pembaharu

{picture#https://lh3.googleusercontent.com/-KxCpQnd7tqI/AAAAAAAAAAI/AAAAAAAAAJk/t239p-tSaZY/s120-c/photo.jpg} Media Online, Suara Pembaharu. Menyajikan Informasi Aktual & Terpercaya. {facebook#http://facebook.com} {twitter#http://twitter.com} {google#http://google.com} {youtube#http://youtube.com} {instagram#http://instagram.com}
Powered by Blogger.